Senin, 4 Maret 2024

Anggota Komisi I DPR, Sebut Andika Perkasa akan Jadi Panglima TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM- Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon menyebut Jenderal Andika Perkasa akan menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dia juga menyebut Letnan Jenderal (Letjen) Dudung Abdurachman akan menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dalam waktu dekat.

“Insya Allah semua akan terjadi dalam waktu dekat, Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI,” kata Effendi , Jumat (03/09/21).

Namun, Effendi tak menjelaskan lebih lanjut kapan proses pergantian pucuk pimpinan TNI dan TNI Angkatan Darat. Ia juga tak menyampaikan apakah surat presiden (surpres) tentang nama calon Panglima TNI sudah dikirimkan ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR.

Effendy pun tidak menerangkan apakah proses pergantian ini berbarengan dengan reshuffle yang santer dikabarkan bakal terjadi setelah Partai Amanat Nasional (PAN) merapat ke koalisi partai politik pendukung pemerintah.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 itu mendatang. Hadi menjabat sebagai Panglima TNI sejak Desember 2017 silam.

Selain Andika, nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono juga menguat untuk menggantikan posisi Hadi. (wan/man)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER