Selasa, 16 April 2024

Latma CARAT 2024 Akan Digelar pada Mei

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL, Angkatan Laut (US Navy) dan Marinir Amerika Serikat (USMC) akan menggelar latihan bersama (latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) pada Mei 2024 mendatang.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (4/8), latma CARAT 2024 bertujuan meningkatkan profesionalisme para prajurit dan hubungan baik dan pemahaman antarkedua negara serta menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Baca Juga: TNI AU dan TUDM Gelar Pertemuan Bilateral Bahas Peningkatkan Kerja Sama Pertahanan

Latihan bersama periode ini akan mengintegrasikan seluruh elemen kemampuan kedua negara untuk melaksanakan misi ISR (Intelligence, Surveillance, dan Reconnaissance), littoral warfare, dan coastal defence, didukung pembentukan joint command control center yang akan digunakan untuk mengendalikan seluruh jalannya latihan operasi.

Konsep Latma CARAT 2024 akan menggunakan pendekatan integrated scenario based exercise, di mana seluruh tahapan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan latihan tiap-tiap working group (WG).

Baca Juga: 11 Pati TNI AU Naik Pangkat, Dua di Antaranya Sandang Pangkat Bintang Dua

Materi terdiri dari taktis, teknis, dan prosedur serta materi pada saat Staff Exercise (Staffex) akan diutamakan pada skenario latihan dengan fokus materi latihan pada pertahanan pantai atau anti-amfibi (coastal defence). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER