Selasa, 30 April 2024

8 Negara Gelar Simulasi “Perang Udara”

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Angkatan Udara Israel menggelar latihan tempur udara multi-nasional terbesar dan tercanggih ‘Blue Flag 2021’, Minggu (17/10/21).

Latihan ini melibatkan 7 negara sahabat yakni Jerman, Italia, Inggris, Prancis, India, Yunani, dan Amerika Serikat.

Komandan Angkatan Udara Israel Mayor Jenderal Amikam Norkin pada Kamis (14/10/21) menyatakan, penyelenggaraan latihan internasional adalah kepentingan strategis yang paling penting.

“Dan memiliki dampak luas terhadap Angkatan Udara Israel, IDF, dan negara kami,” ungkapnya.

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama internasional strategis melalui pembelajaran bersama tentang integrasi pesawat generasi keempat dan kelima dalam skenario operasional yang kompleks, dan untuk melakukan penerbangan taktis bersama melawan berbagai ancaman menggunakan teknologi canggih.

Norkin menggambarkan latihan itu sebagai “terobosan” dalam hal teknologi, kualitas pelatihan, dan jumlah negara yang berpartisipasi.

“Ini menggambarkan kemitraan dan ikatan yang kuat antara angkatan udara negara-negara dan bertindak sebagai batu loncatan menuju kerja sama regional dan internasional,” tambahnya.

Latihan udara internasional akan dimulai pada Minggu akhir pekan ini dan berlangsung hingga 28 Oktober mendatang. Momentum tersebut sekaligus akan menandai penempatan pertama skuadron tempur Inggris di Israel sejak pendirian negara itu, penempatan pertama skuadron tempur Mirage India, dan penempatan pertama skuadron tempur Rafale Prancis.

Pada hari pertama latihan, Norkin akan memimpin flyover kehormatan di langit Israel dengan jet tempur F-15 Baz bersama jet tempur siluman F-35I Adir Israel.

Letnan Jenderal Ingo Gerhartz, Komandan Angkatan Udara Jerman, akan terbang bersama mereka dengan Eagle Star Eurofighter, yang telah dicat dengan bendera Israel dan Jerman.

Selama latihan dua minggu, angkatan udara yang berpartisipasi akan melatih pertempuran udara ke udara dan udara ke darat, ancaman rudal permukaan ke udara (SAM), dan berbagai skenario operasional di wilayah musuh. IAF mengadakan latihan Blue Flag setiap dua tahun sekali untuk berlatih bersama angkatan udara dari seluruh dunia. (ISSA)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER