Selasa, 30 April 2024

India Tingkatkan Anggaran Pertahanan Menjadi $ 72,6 miliar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah India berencana untuk menambah anggaran pertahanan pada periode 2023-2024 menjadi $ 72,6 miliar. Kenaikan ini lebih besar 13 persen dari periode sebelumnya yang bertujuan untuk menambah lebih banyak jet tempur, kapal perang dan persenjataan militer.

Dilansir dari Reuters, Rabu (2/2), Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman menjelaskan bahwa sekitar $ 20 miliar akan digunakan sebagai modal pertahanan, lalu $ 33 miliar khusus untuk gaji dan tunjangan militer serta $ 16 miliar untuk dana pensiunan tentara.

Keputusan ini sejalan dengan seruan Perdana Menteri Narendra Modi untuk modernisasi militer sekaligus meningkatkan komitmen produksi dalam negeri. Selain itu, India juga berencana mengalokasikan $3 miliar untuk pembangunan armada Angkatan Laut dan $7 miliar untuk pengadaan Angkatan Udara.

Baca: Prancis Targetkan Transisi Total ke Rafale pada 2030

Tantangan global khususnya dari Cina yang meningkat juga menjadi alasan anggaran pertahanan India ditingkatkan. Kedua negara ini telah lama bersitegang akibat sengketa wilayah perbatasan selama lebih dari 60 tahun. Tindakan India semakin tegas terlihat ketika memutuskan untuk bergabung dalam kemitraan multilateral Quad bersama Jepang, Australia dan AS. Pada bulan Januari, India pun melakukan latihan jet tempur perdana dengan Jepang sebagai postur kekuatan di kawasan. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Warga Jatiwaringin Antusias Saat Wing Komando I Kopasgat Bagikan Jumat Berkah

Wing Komando I Kopasgat membagikan nasi box kepada masyarakat daerah Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jumat (26/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER