Rabu, 15 Mei 2024

India Berhasil Uji Coba Rudal Agni-5 Multi Hulu Ledak

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji coba rudal buatan dalam negeri Agni-5, yang dapat membawa banyak hulu ledak pada beberapa waktu lalu.

“Bangga terhadap para ilmuwan DRDO kami yang melakukan Misi Divyastra, uji terbang pertama rudal Agni-5 yang dikembangkan dalam negeri dengan teknologi Multiple Independently Targetable Re-entry Vehicle (MIRV),” kata Modi melalui platform X, Selasa (12/3).

Baca Juga: Puluhan Drone Rusia Meluncur ke Odesa, 15 Ditembak Jatuh Ukraina

DRDO merupakan singkatan dari Defense Research & Development Organisation, yang bertanggung jawab atas pengembangan dan uji coba rudal Agni-5 di Pulau Dr. APJ Abdul Kalam, India.

Melansir India Today, teknologi MIRV berarti muatan peluru kendali balistik berisi beberapa hulu ledak, dimana masing-masing memiliki kemampuan untuk untuk mengarah dan mengenai satu atau kelompok target yang berbeda.

Baca Juga: Serangan AS-Inggris Tewaskan 11 Orang di Yaman

Sementara, Agni-5 adalah rudal balistik antarbenua dengan jangkauan 5.500 hingga 5.800 kilometer, yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1980-an. Pengembangan tersebut merupakan bagian dari ambisi India untuk memperkuat triad nuklir, yaitu kemampuan meluncurkan rudal nuklir dari darat, udara, dan laut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER