Senin, 20 Mei 2024

Mengenal Monumen GBN di Tegal yang Dibangun Tahun 1976

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kamis, (7/3/2024) kemarin prajurit Yonif 400/Banteng Raiders (BR) bersama masyarakat Tegal melakukan pembersihan Monumen Gerakan Bangteng Nasional (GBN) di Procot, Slawi, Kabupaten Tegal.

Baca Juga: Lewati Tantangan di Kopassus, KSAD Terima Brevet Satgultor 81

Danyonif 400/BR Letkol Inf Moh. Zainollah dalam keterangan resminya diterima, Jumat, (8/3) mengatakan aksi ini dalam rangkaian HUT Yonif 400/BR ke-71, dimana hal tersebut ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada pendiri Banteng Raiders Jenderal Ahmad Yani yang kala itu berhasil menumpas gerakan DI/TII di wilayah Jateng bagian Utara bersama Kolonel Sarbini dan Letkol Bachrum.

Monumen GBN yang diresmikan pada 5 Oktober 1976 oleh Jendral Surono, merupakan salah satu bukti dari perjuangan bangsa Indonesia dalam menumpas pengaruh DI/TII di daerah Tegal, Brebes, dan Pekalongan.

Baca Juga: KSAU Terima Kunjungan CAF RSAF, Bahas Peningkatan Kerja Sama Angkatan Udara Indonesia-Singapura

“Sejarah tidak boleh hilang. Kita sangat menghormati dan patut apresiasi tinggi kepada Jenderal Ahmad Yani selaku pendiri Yonif 400/BR,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER