Kamis, 2 Mei 2024

Asah Kemampuan Fighter, TNI AU gelar Latihan Air to Air Refueling Pesawat F-16

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Irwan Pramuda secara resmi membuka latihan air to air refueling pesawat tempur F-16 di Gedung Theater Fox 3 ACMI Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur, Senin (20/2).

“Latihan ini digelar untuk mencetak para penerbang pesawat tempur F-16 yang memilki kemampuan untuk melaksanakan air to air refueling, sehingga pesawat F-16 dapat menambah radius action dan loiter time dalam melaksanakan operasi dan latihan,” ungkap Irwan seperti dikutip dari Instagram @militer.udara.

air to air refueling
Foto bersama para penerbang F-16 TNI AU dan instruktur dari Air National Guard, USA usai upacara pembukaan pelatihan air to air refueling. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Air to air refueling melibatkan para penerbang tempur (fighter) dari Skadron Udara yang mengoperasikan pesawat F-16 Fighting Falcon, di antaranya Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Baca: Bertemu Dua Jenderal Tentara Malaysia, KSAL Bahas Situasi Keamanan Selat Malaka

Dalam pelaksanaannya, dua homebase akan digunakan, yakni Lanud I Gusti Ngurah Rai untuk homebase pesawat tanker. Adapun pesawat F-16 akan memiliki homebase di Lanud Iswahjudi. Sejumlah instruktur dari Air National Guard, USA, juga turut dihadirkan dalam kesempatan latihan kali ini. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER