Rabu, 1 Mei 2024

Gelar Pos Komando, TNI AU Siaga untuk Bantu Pengungsi Gempa Cianjur

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar Pos Komando (Posko) untuk membantu para pengungsi yang terdampak gempa Cianjur. Hingga hari ketiga pascagempa, TNI AU telah mendirikan tiga Posko pengungsian seperti di Desa Ciherang, Desa Ciputri, dan Desa Buni Kasih Cianjur.

“Posko Ciherang dipimpin Mayor Lek Oki Hartanto dengan mengerahkan 27 personel TNI AU. Mereka melayani 150 pengungsi dan 3.000 orang di seputaran Posko yang memerlukan bantuan logistik serta layanan kesehatan. Posko ini menerima dan menyalurkan bantuan dari KSAU dan dari BPBD Kab Cianjur. Selain itu, Posko ini juga melaksanakan patroli dan pengecekan kesehatan,” tulis Dispenau dalam keterangannya.

TNI AU Siaga untuk Bantu Pengungsi Gempa Cianjur
(Dok. Dispenau)

Selanjutnya, Posko Yonkesau dan Pasgat di Desa Buni Kasih menggelar empat tenda kesehatan untuk menampung serta melayani kesehatan masyarakat dan pengungsi. Posko ini dipimpin oleh Letkol Pas Renry.

Sementara Mayor Tek Endang memimpin Posko TNI AU yang berada di Desa Ciputri, di mana Posko ini melayani 300 pengungsi dan 700 korban di sekitar Posko yang membutuhkan bantuan.

Pendirian Posko ini sekaligus menjadi wujud implementasi operasi misi kemanusiaan yang dilakukan oleh TNI AU sekaligus komitmen TNI AU untuk hadir membantu masyarakat terdampak dan mempercepat proses evakuasi penanggulangan bencana.

Baca: Para Pemimpin Dunia Ucapkan Belasungkawa atas Gempa Cianjur

Selain mendirikan Posko, TNI AU juga mengerahkan alutsista, helikopter, untuk melakukan pantuan udara untuk selanjutnya diteruskan kepada BPBD Cianjur. Helikopter juga digunakan TNI AU untuk menyalurkan bantuan logistik untuk para masyarakat yang menjadi korban maupun terdampak gempa Cianjur. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Peringatan HUT ke-72 Kopassus

Upacara peringatan HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlangsung di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta, Selasa (30/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER