Kamis, 20 Juni 2024

Wakasal Kantongi Gelar ‘Witjaksono Noto Segoro’ dari Kesultanan Keraton Sumenep

BACA JUGA

Jakarta, IDM Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono dianugerahi sebagai warga kehormatan keluarga besar sesepuh Kesultanan Keraton Sumenep, atas pengabdian dan pengayoman TNI AL di wilayah Madura. Penganugerahan gelar dilakukan di Base Ops Pangkalan Udara TNI AL, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (3/7).

Laksamana bintang tiga ini, menerima gelar ‘Witjaksono Noto Segoro’ melalui prosesi adat dengan mendapatkan piagam kehormatan dari sesepuh Kesultanan Keraton Sumenep Raden Panji Muchtar Atmokusumo. Penyerahan piagam dirangkai dengan pemasangan odheng, selendang, dan pin sebagai pengikat lahir batin. Kemudian, pemberian keris pusaka serta lambang Kesultanan Ketaton Sumenep.

“Ini menjadi kebanggaan bagi saya dan keluarga serta tentunya bagi TNI AL,” kata Heri dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/7).

Heri menyebutkan, wilayah Madura mempunyai semangat kemaritiman yang sama dengan TNI AL. “Kita ketahui bersama Sumenep merupakan wilayah yang ada di pesisir Madura sehingga tentunya memiliki semangat kemaritiman yang sama dengan TNI AL,” terangnya.

Sebelumnya, Kesultanan Karaton Sumenep juga menganugerahkan gelar kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang bergelar ‘Djojo Noto Segoro’.

TNI AL memandang Sumenep memiliki posisi dan potensi yang strategis. Oleh karena itu, TNI AL saat ini tengah merencanakan pemindahan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) dari Batu Poron di wilayah Bangkalan ke wilayah Sumenep Madura. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER