Jumat, 19 April 2024

Usai Tunaikan Misi Kemanusiaan di Turki, Satgas TNI AU Pulang ke Tanah Air

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satuan tugas (Satgas) TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang tergabung dalam misi kemanusiaan untuk penanggulangan gempa bumi Turki telah usai menunaikan tugasnya. Pesawat C-130 Hercules yang mereka tumpangi berhasil melakukan pendaratan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/3).

Sejak berangkat pada 11 Februari lalu, Satgas yang dipimpin oleh mission commander Kolonel Pnb Wisoko Aribowo telah menunaikan tugas kemanusiaan ini selama 33 hari.

Baca Juga: 206 Putra Daerah Papua dan Maluku Digembleng Jadi Prajurit TNI AL

Selama berada di Turki, sebanyak 21 kru pesawat C-130 Hercules dan lima orang pendukung lainnya tercatat membantu pemerintah Turki dalam penanganan pascabencana seperti mendistribusikan bantuan logistik pemerintah RI sebesar 116 ton.

Fadjar Prasetyo
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat foto bersama dengan seluruh Satgas TNI AU untuk misi kemanusiaan di Turki. (Foto: Dok. Dispenau)

Selain itu, pesawat dengan tail number A-1326 juga membantu pemerintah Turki mendistribusikan berbagai logistik dan menerbangkan pengungsi ke sejumlah daerah di negara tersebut.

Tugas-tugas tersebut pun berhasil diselesaikan dan atas keberhasilan tersebut, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya.

Baca Juga: Wamenhan: Penerbang TNI AU Adalah Orang-orang Hebat

“Terima kasih dan rasa bangga, saya sampaikan kepada seluruh tim, atas pelaksanaan tugas misi operasi kemanusiaan di Turki yang berjalan dengan lancar dan aman,” ujar KSAU.

Seluruh personel dalam misi kemanusiaan Turki selanjutnya akan mendapat penghargaan Dharma Pertahanan dari Kementerian Pertahanan dan Kementerian PMK. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER