Unhan RI Sematkan Gelar Profesor Kehormatan kepada Presiden Ke-5 RI

21
Unhan RI Sematkan Gelar Profesor Kehormatan kepada Presiden Ke-5 RI
Unhan RI Sematkan Gelar Profesor Kehormatan kepada Presiden Ke-5 RI, Photo. Dok: IDM

Bogor, IDM – Unhan RI gelar sidang senat terbuka Pengukuhan Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik FSP Unhan RI Kepada Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (H.C) HJ. Megawati Soekarnoputri.

Acara ini dipimpin Rektor Unhan RI Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Amarulla Octavian S.T., M.Sc., DESD selaku Ketua Senat Unhan RI melalui daring dan luring di Aula Merah Putih Unhan RI Kawasan IPSC Sentul-Jawa Barat, Jumat (11/6). Rektor Unhan RI menyampaikan ucapan selamat kepada Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri. Ia juga mengungkapkan penghargaan yang tinggi kepada senat akademik dan Dewan Guru Besar Unhan RI atas promosi yang diberikan kepada Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri menjadi Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang kepemimpinan strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Unhan RI atas peran penting yang diberikan selama ini dalam bidang kepemimpinan strategik.

Presiden ke-5 RI Prof. Dr. (H.C) HJ. Megawati Soekarnoputri saat menerima Pengukuhan Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik FSP Unhan RI . Photo. Dok: IDM

“Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri adalah seorang putri terbaik bangsa Indonesia yang telah membuktikan keberhasilan menjadi Wakil Presiden RI tahun 1999-2001 dan selanjutnya sebagai Presiden RI tahun 2001-2004,” ungkapnya dalam pembukaan.
Di kalangan pemimpin dunia belum ada seorang wanita dapat menjabat berturut-turut sebagai Wakil Presiden dan Presiden. Sejarah dunia juga mencatat tidak banyak seorang Presiden yang juga putri dari seorang presiden sebelumnya.

“Sebagai pemimpin nasional, beliau mampu membawa negara dan bangsa Indonesia melalui masa-masa sulit pasca reformasi 1998,” kata Amarulla Octavian, menambahkan.
Berkat kepemimpinan Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri yang sangat menonjol, bangsa Indonesia berikut pemerintah Indonesia mencapai jenjang prestasi kepemimpinan, tidak saja pada tataran regional melainkan juga tataran global.

Prestasi sebagai kepala negara dan kepala pemerintah merupakan wujud nyata pengetahuan. “Beberapa penghargaan Doktor Honoris Causa dari berbagai perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri merupakan bukti pengakuan pemikiran akademik atas kepakaran beliau dalam bidang kepemimpinan strategik, yang juga sangat terkait dengan bidang pertahanan,” jelasnya. Selama periode kepemimpinannya, Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri juga banyak menerbitkan berbagai kebijakan yang sangat mendukung tugas-tugas Kemhan RI dan TNI. Berbagai ide dan gagasan tentang pertahanan juga dituangkan dalam berbagai dokumen negara dan menjadi rujukan doktrin Pertahanan, Strategi Pertahanan dan postur pertahanan.

“Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarno Putri juga menunjukkan kepemimpinan yang kuat di dalam menjadikan Pancasila secara konsisten tidak hanya sebagai falsafah negara, dasar negara dan sekaligus landasan kebijakan pemerintahan negara,” kata dia. (Dvl/nhn)