Sabtu, 2 Maret 2024

Ukraina Sebut KTT Perdamaian akan Digelar Tahun Depan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pejabat pemerintahan Ukraina mengatakan bahwa KTT perdamaian untuk mengatasi konflik dengan Rusia, kemungkinan akan digelar Februari tahun depan.

Dilansir dari Reuters, Jumat (10/11), Ihor Zhovkva selaku penasihat diplomatik utama Presiden Volodymyr Zelensky, mengatakan bahwa Ukraina akan mengatur pertemuan keempat penasihat keamanan nasional pada akhir November atau awal Desember.

Baca Juga: Putin Puji Kerja Sama Militer ‘Teknologi Canggih’ dengan Cina

“Lalu, KTT Perdamaian kemungkinan akan dilaksanakan pada Februari 2024. KTT ini pasti akan berlangsung, karena akan menandai awal simbolis dari implementasi praktis formula perdamaian Ukraina dan merangkum semua hasil yang telah dicapai dalam jalur ini,” kata Ihor.

Formula 10 poin perdamaian itu dirancang oleh Zelensky, yang mencakup seruan untuk pemulihan integritas wilayah Ukraina, penarikan pasukan Rusia, perlindungan pasokan makanan dan energi, keselamatan nuklir dan pembebasan semua tahanan.

Baca Juga: AS Ungkapkan Kekhawatiran Atas Meningkatnya Kerja Sama Militer Rusia-Korut

Zelensky pun telah menyelenggarakan serangkaian pertemuan untuk membahas poin perdamaian yang dihadiri oleh perwakilan dari puluhan negara kecuali Rusia. Terbaru, pertemuan di tingkat penasihat keamanan nasional berlangsung di Malta bulan lalu. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER