Ukraina Perkuat Persahabatan dan Kerja Sama dengan ASEAN

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Ukraina menjalin kerjasama dengan negara-negara angota ASEAN melalui penandatanganan Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) di Kamboja, Kamis (10/11). Instrumen aksesi ini merupakan upaya Ukraina memperluas kemitraan internasional.

Dilansir dari Mfaic.gov.kh, Kamis (10/11), Penandatangan TAC dilakukan oleh Menlu Ukraina Dmytro Kuleba dengan Wakil Perdana Menteri sekaligus Menlu Kamboja Prak Sokhonn, yang mewakili ASEAN, di sela-sela KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Sekretaris Jenderal ASEAN dan Menlu ASEAN lainnya turut hadir dan menyaksikan penandatanganan tersebut.

Ukraina menjadi negara ke-50 yang menandatangani TAC, sebuah Traktat yang dibentuk pada 1976 oleh negara pendiri ASEAN, bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan kerja sama di kawasan Asia Tenggara. Traktat Ini merupakan prasyarat bagi negara-negara yang ingin menjalin kemitraan formal dengan ASEAN. Dalam hal ini, Kamboja akan mendorong Ukraina untuk menjadi mitra dialog sektoral ASEAN.

Baca: Kirim 1000 Rudal Tambahan, Inggris Dukung Pasukan Ukraina Hadapi Musim Dingin

Dalam menjalin hubungan kerjasama melalui TAC, ASEAN dan negara yang terlibat harus mengedepankan prinsip dasar seperti saling menghormati kemerdekaan dan integritas teritorial, penyelesaian masalah dengan cara damai serta penolakan penggunaan kekuatan. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER