Kamis, 13 Juni 2024

Ukraina Klaim Tembak Jatuh Puluhan Drone dan Rudal Rusia dalam Semalam

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Otoritas militer Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia telah melakukan serangan udara berupa 19 rudal dan 32 drone udara, yang berhasil di tembak jatuh dalam semalam.

Dilansir dari VOA, Kamis (30/5), Serhiy Lysak, gubernur wilayah Dnipropetrovsk di Ukraina tengah, mengatakan tujuh drone berhasil ditembak jatuh di wilayah tersebut. Sebagian dari puing-puing drone menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah dan fasilitas listrik.

Baca Juga: Usai Kirim Balon Berisikan Sampah ke Korsel, Korut Luncurkan 10 Rudal Balistik

Rudal dan drone pun ditembak jatuh di wilayah lainnya yaitu Cherkasy, Kherson, Khmelnytskyi, Kirovohrad, Kyiv, Odesa, Vinnytsia, dan Zaporizhzhia.

Sementara, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menghancurkan lima drone Ukraina di wilayah barat daya Krasnodar. Pertahanan udara Rusia pun disebut menembak jatuh delapan rudal taktis di Laut Azov dan delapan drone di dekat Semenanjung Krimea.

Baca Juga: Cina Pamer Robot Anjing Ketika Latihan Militer dengan Kamboja

Dalam pernyataan terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa hampir 100 negara dan organisasi internasional akan mengambil bagian dalam konferensi perdamaian yang akan digelar di Swiss pada pertengahan Juni mendatang. Namun, Rusia nampaknya tidak diundang untuk berpartisipasi dalam konferensi tersebut.

“Rusia tidak lagi dalam posisi untuk mengganggu konferensi tersebut, meskipun mereka berusaha keras untuk melakukannya,” kata Zelensky. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER