Minggu, 16 Juni 2024

Tradisi Penerimaan Warga Baru, Prajurit Divif 2 Kostrad Gelar Hanmars 30 Km dan Mandi Suci

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Divisi Infanteri 2 Kostrad menggelar tradisi penerimaan warga baru di Goa Antaboga, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tradisi ini digelar dari tanggal 22 Mei hingga ditutup tanggal 26 Mei 2023 oleh Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad Mayjen TNI Haryanto.

“penutupan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pembinaan tradisi yang telah dilalui sebagai bukti bahwa peserta tradisi secara resmi telah menjadi warga Divisi Infanteri 2 Kostrad. Disamping itu, peserta tradisi juga harus memaknai dan menghargai betapa besarnya pengorbanan para pejuang pendahulu kita yang telah meletakkan dan menegakkan kehormatan, nama, harkat dan martabat Divisi Infanteri 2 Kostrad,” kata Mayjen TNI Haryanto.

Baca Juga: Pomal Kolinlamil Beri Penyuluhan Hukum kepada Prajurit KRI Teluk Youtefa-522

Ia pun berharap dengan selesainya tradisi ini prajurit Divif 2 Kostrad menjadi “Sesanti Vira Cakti Yudha” yang berarti kesatria yang tangguh di medan laga harus selalu tertanam dalam jiwa setiap prajurit Divif 2 Kostrad.

Kostrad
(Foto: Dok. Penkostrad)

“Setiap prajurit kostrad harus selalu berpikir jernih, bertindak sesuai dengan norma dan aturan yg berlaku dengan tetap mempedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam setiap tindakan, perkataan dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Mayjen TNI Haryanto.

Baca Juga: Gelar Jumat Berkah Pangdam III/Siliwangi Undang 100 Orang Pemulung

Dalam tradisi ini, prajurit melewati beberapa materi seperti ketahanan Mars (Hanmars) yaitu berjalan kaki dengan menggunakan seragam PDLT serta tempo tertentu untuk mencapai suatu sasaran tempat. Jarak tempuh Hanmars di tradisi ini adalah menempuh rute sejauh 30 km, dilanjutkan mandi suci, pemancangan bendera arjuna dan ditutup dengan upacara pengukuhan warga baru. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER