Kamis, 13 Juni 2024

TNI Kerahkan 4.800 Prajurit Amankan Kunker Jokowi di Sumatera Selatan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI mengerahkan 4.800 prajurit untuk mengamankan kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo atau Jokowi di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) yaitu di Lubuk Linggau, Musi Rawas (Mura), dan Musi Rawas Utara (Muratara).

Hal ini terlihat saat apel gelar pasukan Pam VVIP RI di Lubuk Linggau, Rabu (29/5/2024). Apel ini dipimpin langsung oleh Panglima Kogasgabpad Pam VVIP Mayjen TNI M. Naudi Nurdika.

Menurut Kapendam II/Swj Kolonel Arh Saptarendra dalam keterangannya, Rabu, (29/5) pengamanan VVIP Presiden dan Wakil Presiden merupakan bagian dari tugas pokok TNI dalam hal OMSP, sehingga Pangdam II/Swj menjadi Pangkogasgabpad dengan wakilnya yaitu Kapolda Sumsel.

Baca Juga: Tingkatkan Interoperabilitas, Ini Rangkaian Skenario Latihan dalam MNEK 2025

“Saat apel gelar pasukan, bertindak sebagai Irup yaitu Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel. Dan dalam apel itu, hadir juga Pj Walikota dan Ketua DPRD serta Forkopimpda Lubuk Linggau. Pada kesempatan itu, selaku Pangkogasgabpad Pam VVIP, Pangdam menyampaikan bahwa meski kegiatan kunker RI -1 di wilayah Sumsel merupakan kegiatan yang sudah kesekian kalinya, seluruh jajaran tetap harus fokus dan tidak lengah,” ujar Kapendam.

Atas dasar itu, lanjut dia, Pangkogasgabpad dan Wapangkogasgabpad melakukan pemeriksaan pasukan.

“Tidak saja kesiapan personel namun juga dilakukan pengecekan alat dan sarana yang digunakan termasuk pemahaman tugas dan tanggungjawab pasukan, khususnya para Dansubsatgas,” jelas Kapendam.

Baca Juga: Kunjungi Jayapura, Pangkoarmada III Cek Kesiapan Tim Reaksi Cepat Satrol Lantamal X

Ia mengatakan hampir seluruh unsur yang berada di wilayah Sumsel dikerahkan, baik dari Kodam, Lanal, Lanud, Polda termasuk Damkar, PLN dan lain sebagainya.

“Dengan apel gelar pasukan dan geladi Pengamanan ini untuk memastikan kesiapan di wilayah dalam mendukung kegiatan Presiden di wilayah Kodam II/Swj,” kata Kapendam. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER