Minggu, 26 Mei 2024

TNI AU dan RTAF Berencana Gelar Helicopter Under Water Escape Training

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Royal Thai Armed Forces (RTAF) berencana untuk menggelar pelatihan bersama yang bertajuk helicopter under water escape training (HUET).

Rencana tersebut terungkap saat delegasi RTAF, yang dipimpin oleh Surgeon General of Medical Office, Support Service Department RTARF Major General Supakit Khambanonda, mengunjungi Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr Saryanto, Jakarta, Kamis (25/5). Kedatangan rombongan RTAF disambut langsung oleh Kepala Lakespra (Kalakespra) TNI AU Marsma TNI Roikhan.

Baca Juga: Ratusan Prajurit Tanah Rencong Pulang Kampung Setelah Bertugas di Bumi Cendrawasih

Pada kesempatan tersebut TNI AU dan RTAF membahas sejumlah upaya dan langkah strategis untuk meningkatkan kerja sama militer, di mana salah satu fokusnya adalah pada bidang kesehatan bilateral Thainesia Military Medicine.

Delegasi RTAF
Delegasi RTAF dan personel Lakespra TNI AU saat melakukan pertemuan bilateral Thainesia Military Medicine. (Foto: Dok. @militer.udara)

“Kerja sama bidang kesehatan dengan RTARF di antaranya bidang penelitian dan peningkatan kompetensi personel kesehatan kedua negara. Ke depan, rencananya akan diadakan pelatihan bersama dengan tajuk helicopter under water escape training,” tulis TNI AU dalam akun instagram @militer.udara.

Baca Juga: Pangdam Kasuari Sebut Situasi di Wilayah Papua Barat Aman Permanen

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (26/5), pelatihan helicopter under water escape training merupakan sebuah pelatihan yang bertujuan untuk mengingatkan kembali awak pesawat tentang prosedur yang harus mereka lakukan saat terjadi emergency, terutama jika pesawat mendarat di air (sungai, danau, laut).

Untuk latihan ini, Lakespra TNI AU dilengkapi dengan sebuah alat simulasi yang didesain menyerupai kabin pesawat dan helikopter angkut. Alat tersebut juga dapat diputar dengan berbagai posisi, sehingga dapat melatih prosedur penyelamatan dengan berbagai kondisi. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER