TNI AU Dalami Dugaan Oknum Prajurit TNI AU Bantu Kirim TMI Ilegal

23
(Dok Dispenau)

Jakarta, IDM – Menanggapi keterangan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) tentang adanya dugaan keterlibatan prajurit TNI AU dalam pengiriman Tenaga Migran Indonesia (TMI) Ilegal ke Malaysia, TNI AU tengah serius mendalami hal tersebut.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, saat ini TNI AU masih terus melakukan pendalaman secara serius terkait informasi dari BP2MI.

“Sesuai instruksi pimpinan TNI AU, kami masih melakukan pendalaman dengan berkoordinasi dengan semua stakeholder, untuk menggali dan mengembangkan informasi lebih lanjut agar masalahnya lebih jelas,” kata Indan.

Indan menambahkan, bila dalam perkembangannya terbukti memang ada oknum prajurit TNI AU yang terlibat dalam proses pengiriman TMI ilegal, maka dipastikan TNI AU akan memberikan sanksi hukum tegas sesuai aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, bahwa beberapa hari lalu, tersiar kabar, tenggelamnya kapal boat yang membawa puluhan TMI ilegal di perairan Johor Malaysia. Insiden tersebut mengakibatkan puluhan jiwa meninggal, dan puluhan lainnya belum ditemukan. Sementara belasan TMI lainnya dapat diselamatkan. (nhn)