Sabtu, 25 Mei 2024

TNI AL – Indian Navy Gelar Latihan Bersama di Samudera Hindia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Latihan Bersama (Latma) dengan sandi “Samudra Shakti-21” antara TNI AL dan Indian Navy, akan digelar selama tiga hari di Samudera Hindia, Pada Selasa (21/09/21) bertolak dari Dermaga JICT2 Tanjung Priok Jakarta Utara.

Diawali dari KRI Malahayati-362 sebagai guide, disusul dua kapal perang India INS Kadmatt P29 dan INS Shivalik F47, kemudian KRI Bung Tomo-357, satu persatu unsur participant latihan meninggalkan dermaga JICT2 membentuk formasi 1 mengawali serial latihan yang dikenal dengan istilah “leaving harbor”.

Latihan ini terbilang baru antara TNI AL dan Indian Navy, “ini adalah latihan kali ketiga, dimana sebelumnya pada tahun 2019 Indian Navy menjadi tuan rumah dan 2018 ketika pertama kali dilaksanakan TNI AL menjadi tuan rumah,” jelas Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P.

Lebih lanjut dikatakan latihan yang seyogyanya dilaksanakan setiap tahun ini terhenti ditahun 2020 lalu sebagai dampak dari merebaknya pandemI Covid-19, kini kembali digelar tahun ini, dimana TNI AL menjadi tuan rumah.

Adapun rencana latihan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah Mioex, Cross Deck Landing, Adex, Tacman, Flashex, Pubex, Nsic/Screenex, Gunex, Sea Surfex, Rasap, Photex dan Farewell Pass. (wan/man)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER