Selasa, 25 Juni 2024

TNI AL Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sekitar 200 prajurit TNI AL yang merupakan gabungan Prajurit Kolinlamil, Mabesal serta Puspomal mengikuti kegiatan Donor Darah dan Plasma Konvalesen yang digelar Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dalam upaya mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono yang juga didampingi oleh Mantan Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum Palang Merah Indonesia, H.M. Jusuf Kalla menyatakan bahwa TNI AL siap membantu PMI dengan mengerahkan personel TNI AL yang sudah terpapar Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvaselen guna memenuhi kebutuhan plasma konvanselen dan stok darah reguler PMI dalam rangka penanganan Pandemi Covid-19.

TNI AL gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen dalam upaya membantu penanganan Covid-19. Kegiatan ini digelar di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta (12/08/21). (IDM/Rayi Gigih)

Selain melakukan donor darah dan serbuan vaksin, menurut Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono, TNI AL juga memberikan penyediaan suplai oksigen dengan mengerahkan KRI Semarang-594 dan KRI dr. Soeharso-990 untuk memproduksi oksigen yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai rumah sakit-rumah sakit dan warga masyarakat yang membutuhkan. Saat ini kedua kapal tersebut masih bekerja KRI Semarang-594 memenuhi oksigen masyarakat Bangka Belitung, sedangkan KRI dr. Soeharso-990 di Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Umum PMI, H.M. Jusuf Kalla (kiri depan) bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono saat melakukan konfrensi pers terkait pelaksanaan Donor Darah dan Plasma Konvalesen yang digelar TNI AL di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jakarta (12/08/21). (IDM/Rayi Gigih)

Sementara itu, pembuatan dapur umum untuk masyarakat yang menjalankan isolasi mandiri (Isoman), Korps Marinir TNI AL dalam beberapa kesempatan membantu masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19 dalam pemenuhan kebutuhan makanan terutama di Lampung dan Surabaya. Selain itu dalam penyediaan ruang atau tempat perawatan penderita Covid-19, selain memanfaatkan RS TNI AL juga memanfaatkan Gedung Dolos di Kwini Lanmar Jakarta dan Gedung Karang Pucung di Opak Surabaya sebagai tempat RS Darurat untuk perawatan pasien Covid-19 yang gejala ringan.

KSAL juga menuturkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut sesuai dengan instruksi Bapak Presiden dan Panglima TNI untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim sejak 23 Juni 2021 telah mengerahkan seluruh Kesatuan di jajarannya dari Sabang sampai Merauke terutama menyasar daerah-daerah yang masih minim vaksinasi. (rgp/man)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER