Sabtu, 15 Juni 2024

Tingkatkan Pertahanan Udara, NATO Gelar Latihan Terbesar di Atlantik Utara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar latihan pertahanan udara bertajuk Formidable Shield di Atlantik Utara dan wilayah negara-negara nordik pada Senin (8/5) dan berakhir pada Jumat (26/5).

Dilansir dari Raf.mod.uk, sebuah laman resmi Angkatan Udara Inggris, Senin (8/5), latihan yang dilakukan NATO untuk meningkatkan pertahanan udara ini diikuti 13 negara sekutu dan beberapa mitra NATO. Latihan multilateral ini merupakan yang terbesar di tahun 2023, melibatkan lebih dari 4000 tentara, 20 kapal, 35 pesawat dan unit darat seperti sistem rudal permukaan ke udara dan sistem roket artileri mobilitas tinggi atau HIMARS.

Baca Juga: Kremlin Janjikan Pasokan Senjata Lebih Banyak, Wagner Batal Mundur dari Bakhmut

Dalam pernyataannya, NATO menjelaskan tujuan dari latihan Formidable Shield adalah untuk meningkatkan interoperabilitas dalam penggunaan sistem pertahanan udara termasuk rudal. Negara-negara sekutu akan bekerja sama dan berlatih dalam skenario tembakan langsung.

“Latihan Formidable Shield adalah pengembangan pertahanan udara dan rudal terintegrasi dengan sekutu NATO kami. Latihan ini membantu melindungi orang-orang kami dan menghadapi setiap ancaman yang berkembang,” ujar Komandan Angkatan Udara Skotlandia Tim McAuley.

Baca Juga: Kapal Milisi Cina Berlayar Menuju 6 Kapal Perang ASEAN, Ada Apa?

Beberapa unit yang akan bergabung antara lain pesawat tempur Typhoon Inggris, pesawat patrol maritim Poseidon, pesawat tempur siluman Amerika Serikat F-35, pesawat tempur Rafale Prancis, pesawat tanker KC 767 A Italia hingga kapal fregat kelas Angkatan Laut Spanyol ESPS Blas de Lezo.

Sebelumnya, NATO mengungkapkan bahwa sekutu telah meningkatkan kuantitas maupun kualitas militer sejak dimulainya konflik bersenjata antara Rusia-Ukraina pada Februari tahun lalu. Postur pertahanan menggunakan rudal, pesawat tempur hingga kendaraan udara tak berawak (UAV) di wilayah perbatasan disebut menjadi lebih penting daripada sebelumnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER