Rabu, 28 Februari 2024

Terima Kunker Pangkogabwilhan I, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo Jelaskan Tugas dan Fungsi Kewilayahan Lanud SMH

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Lanud (Danlanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo menyambut kedatangan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Irvansyah dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Sumatera Selatan, Senin (22/5).

Dihadapan Pangkogabwilhan I, Sigit memaparkan perihal tugas serta fungsi kewilayahan Lanud SMH. Sebagai bagian dari satuan di bawah TNI AU, Lanud SMH juga bertugas untuk menyiapkan serta melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan di jajarannya, pembinaan potensi dirgantara, serta menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

Baca Juga: Prajurit Kopaska Raih Tiga Kemenangan dalam Kejuaraan Menembak Danjen Kopassus

Salah satu implementasi fungsi kewilayah yang kerap dilakukan oleh Lanud SMH, dijelaskan oleh Sigit adalah bakti sosial TNI AU dan pengobatan massal. Kegiatan kewilayahan tersebut bertujuan untuk membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah binaan Lanud Sri Mulyono

Danlanud SMH Kolonel Pnb Sigit Prasetyo
Danlanud SMH Kolonel Pnb Sigit Prasetyo. (Foto: Dok. Penerangan Lanud SMH)

Sebelumnya, Lanud SMH merupakan Lanud tipe C yang kemudian berganti status menjadi Lanud tipe B pada 2016. Dengan demikian, maka pucuk pimpinan Lanud SMH berpangkat Kolonel.

Baca Juga: Kisah Anak Penggali Kubur dan Tukang Ojek yang Jadi Prajurit TNI AD

Dilansir dari laman TNI AU, nama Sri Mulyono Herlambang sendiri diambil dari nama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ketiga yang berpangkat bintang tiga, Marsekal Madya TNI. Ia menjabat sebagai KSAU pada periode 27 November 1965 sampai Maret 1966.

Sri Mulyono Herlambang diketahui merupakan seorang penerbang tempur dan seorang penerbang pesawat VVIP yang pernah bertugas dalam sejumlah misi, baik misi operasi militer maupun operasi kemanusiaan. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER