Selasa, 21 Mei 2024

Taruna AAL Korps Teknik Pahami Cara Uji BBM dan Pelumas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 22 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) melaksanakan latihan praktik mekanik dan bahan bakar di Laboratorium Induk Kimia dan Material, Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Dislitbangal), Jakarta, Kamis (30/3).

Dikutip dari laman TNI AL, kegiatan latihan dan praktik taruna AAL Korps Teknik angkatan 69 itu berlangsung selama sepekan, yakni dimulai dari hari ini hingga 6 April mendatang.

Kegiatan diawali dengan pembekalan yang disampaikan Letkol Laut (T) Bambang S Suwardi, selaku Palakdik dan didampingi Letkol Laut (T) Adiyus Kurniazain, selaku pendamping dari AAL.

Kegiatan dilajutkan dengan orientasi di seluruh laboratorium yang ada di laboratorium. Pelaksanaan latihan praktik dilakukan pada lab uji material serta lab bahan bakar dan minyak pelumas (BBMP).

Baca Juga: Beri Pengarahan kepada Satgas Baret Jingga di Papua, Dankopasgat: Fokus, Konsentrasi dan Waspada

Para siswa tersebut dikenalkan dengan berbagai alat pengujian dan bagaimana cara kerjanya. Pada lab uji material, dilakukan pengujian kekerasan ferno dan nonferno, komparasi tekanan, uji impak serta uji tarik (tensile test).

Kegiatan dilanjutkan pada laboratorium BBMP, selanjutnya para siswa dibekali ilmu pengujian sampel bahan bakar dan pelumas dengan uji berat jenis, viskositas kinematik, destilasi, warna, kadar air sedimen, flash point, total acid number (TAN), dan total base number (TBN). (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER