Kamis, 20 Juni 2024

Susul Polandia, Slovakia Siap Kirim Pesawat Tempur MiG-29 ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Slovakia sepakat untuk memasok 13 pesawat tempur MiG-29 kepada Ukraina. Keputusan tersebut menjadikan Slovakia sebagai anggota NATO kedua setelah Polandia yang menjanjikan pesawat tempur buatan Soviet tersebut.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (18/3), Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger mengatakan bahwa keputusan untuk mengirim pesawat tempur MiG-29 sangatlah penting untuk melindungi masyarakat Ukraina dari serangan bom di tengah konflik yang meningkat di wilayah Bakhmut.

Baca Juga: Polandia Tangkap Terduga Jaringan Spionase Rusia

“Kami akan menyerahkan 13 pesawat jet MiG-29 kami kepada Ukraina. Kami memberikan MiG ini kepada Ukraina agar dapat melindungi warga sipil dari banyaknya bom yang jatuh di rumah mereka dan menjadi alasan banyaknya korban di Ukraina,” ujarnya.

Sebelumnya, Polandia menjadi negara pertama yang siap untuk mengirim pesawat tempur MiG-29 sebanyak empat unit ke Ukraina. Menurut Heger, Slovakia memiliki misi yang sama dengan Polandia yaitu menjadi sekutu utama negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, Korsel Sepakat Akusisi 20 Unit F-35A

“Langkah-langkah kami sepenuhnya terkoordinasi dengan Polandia dan Ukraina. Kami berdiri di sisi yang benar dalam sejarah,” ujarnya.

Mikoyan MiG-29 adalah jet tempur multi-peran yang ringan yang dikembangkan Soviet untuk mengimbangi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Pesawat tempur yang mulai aktif pada tahun 1982 ini, dilengkapi dengan senapan mesin GSh-30-1 30 milimeter dan mampu membawa 6 rudal rudal udara ke udara Vympel R-27. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER