Kamis, 13 Juni 2024

Situasi Semakin Sulit, Zelensky Ingin Sekutu Bantu Tembak Jatuh Rudal Rusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkritik sekutu Barat karena tidak membuat keputusan yang cepat dalam mengirim bantuan militer tambahan di tengah situasi pertempuran yang semakin sulit.

“Gelombang (pertempuran) yang sangat kuat sedang terjadi di Donbas. Tak seorang pun menyadari bahwa sebenarnya ada lebih banyak pertempuran di bagian timur, khususnya di arah Donbas: Kurakhove, Pokrovsk, Chasiv Yar,” kata Zelensky dalam wawancara Reuters, Rabu (22/5).

Baca Juga: Menhan Rusia yang Baru Berkomitmen Tingkatkan Efisiensi Tempur Hadapi Ukraina

Zelensky pun mendorong sekutu Barat agar mau terlibat langsung dalam perang dengan cara membantu mencegat rudal-rudal dari Rusia. Namun, ia memahami bahwa mereka tidak ingin bermusuhan dengan pemerintan Putin.

“Ini masalah kemauan. Tetapi semua orang mengatakan sebuah kata yang terdengar sama dalam setiap bahasa: semua orang takut akan eskalasi. Semua orang sudah terbiasa dengan kenyataan bahwa warga Ukraina sedang sekarat, itu bukanlah eskalasi bagi masyarakat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengusulkan agar angkatan bersenjata dan sistem pertahanan udara negara-negara tetangga NATO turut membantu mencegat rudal, yang menjadi andalan Rusia sejak Februari 2022.

Baca Juga: Kongo Berhasil Gagalkan Upaya Kudeta

Selain itu, ia kembali mendesak sekutu agar memasok pesawat tempur. Menurutnya, jika mereka tidak setuju untuk melakukan hal demikian, mereka masih bisa menerbangkannya dari negara masing-masing dan menembak jatuh rudal Rusia.

“Rusia menggunakan 300 pesawat di wilayah Ukraina. Kami membutuhkan setidaknya 120, 130 pesawat untuk melawan di udara,” imbuhnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER