Jumat, 19 April 2024

Sertijab Panglima TNI, Laksamana Yudo Resmi Gantikan Jenderal Andika

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono digelar di Mabes TNI, Selasa (20/12). 

Sertijab ini dilakukan tepat sehari usai Yudo dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (19/20). Kolonel Pnb Agni Prayogo bertugas sebagai Komandan Upacara. 

Agenda sertijab dimulai dengan kirab berlanjut upacara yang melibatkan PNS Mabes TNI, prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Pasukan Khusus TNI yang terdiri dari Kopasgat, Kopaska dan Kopassus sebagai peserta upacara. 

Sertijab Panglima TNI, Laksamana Yudo Resmi Gantikan Jenderal Andika
Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat serah terima jabatan Panglima TNI. (IDM/Muhammad Hidayat)

Perpindahan tugas dari Andika kepada Yudo ditandai dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Pembacaan  keputusan itu kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Panji TNI Tri Dharma Eka Karma dan penandatanganan naskah serah terima jabatan oleh keduanya. 

Sebagai Panglima TNI baru, Yudo mengaku bangga dapat dipercaya mengisi posisi nomor satu di tubuh TNI. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu mengatakan, mandat yang kini ada di punggungnya merupakan tanggung jawab besar yang akan dijalaninya dengan sungguh-sungguh. 

“Tentunya dengan tanggung jawab yang besar tersebut, kita harus lebih konsentrasi lagi, lebih berkoordinasi lagi, lebih solid lagi, untuk mewujudkan TNI yang kuat sehingga rakyat bermartabat,” ungkap Yudo.

Baca: Menhan Prabowo Dampingi Pelantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Tak hanya disaksikan oleh elemen TNI, sertijab Panglima TNI juga dihadiri oleh sejumlah tokoh. Diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD dan Anggota Komisi I DPR RI. 

Selain itu, tampak hadir juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman hingga Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER