Jumat, 19 April 2024

Satgas TNI Konga UNIFIL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Laut Mediterania

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL, melaksanakan on task perdana pada operasi search and rescue (SAR) kapal pengungsi tenggelam di lepas pantai Tripoli, Lebanon.

Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh beserta prajurit yang berada di area of maritime operation, bergegas menuju lokasi tenggelamnya kapal.

“Saat pertama kali diidentifikasi, sepertiga badan kapal yacht bermutan 200 pengungsi Syria sudah tenggelam,” kata John dikutip dari laman TNI AL, Senin (2/1).

KRI Frans Kaisiepo-368 mengevakuasi 96 korban selamat yang terdiri dari 18 pria, 21 perempuan, dan 57 anak-anak, termasuk bayi berusia 29 hari. Korban meninggal dua orang, yakni satu perempuan berusia 60 tahun dan satu anak perempuan berusia lima tahun.

“Selanjutnya, seluruh korban dievakuasi menuju Tripoli, Lebanon untuk penanganan lanjutan oleh UNHCR,” ungkapnya.

Baca: KSAL Ali Beberkan Empat Program Prioritas TNI AL

MTF Commander Rear Admiral Michael Busse dari Jerman memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan operasi tersebut. Ia mengatakan, KRI Frans Kaisiepo-368 memberikan pembuktian yang tangguh saat on task perdana dalam mengevakuasi banyak pengungsi kapal yang selamat.

“Itu menunjukkan buah dari kemitraan dan kesiapan kami. Saya harap, anda semua akan memiliki awal yang menjanjikan pada 2023. Kerja bagus,” ujar Michael. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER