Kamis, 13 Juni 2024

Satgas Kizi Hancurkan Sisa Bahan Peledak di Afrika Tengah, Ada RPG, Mortir Hingga Granat

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Untuk mengamankan daerah konflik di Republik Afrika Tengah, Tim EOD Satgas Kizi TNI Konga melaksanakan Disposal UXO/AXO di lapangan tembak Kassai, Bangui, Republik Afrika Tengah beberapa waktu lalu.

Wadansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Mayor Czi Hary Nugroho dalam keterangannya dikutip Selasa, (28/5) menjelaskan Disposal adalah kegiatan penghancuran UXO (Unexploded Ordinance) atau sisa bahan peledak dan AXO (Abandonen Explosive Ordinance) atau sisa alat peledak serta amunisi kaliber besar yang diperoleh dari hasil DDR (Disarament, Demobilization and Reintegration).

Baca Juga: Tingkatkan Kesiapan Operasi, Jajaran Wing Komando III Kopasgat Gelar Latihan Harda Maruta III

“Terdapat beberapa jenis UXO, AXO dan Munisi yang akan dihancurkan mulai dari RPG, Mortir 60 mm serta berbagai macam jenis granat tangan dan munisi kaliber 14.5 mm,” kata Wadansatgas.

Disposal
(Foto: Dok. Pendam II/Sriwijaya)

Lanjutnya bahwa kegiatan ini melibatkan beberapa unit tim gabungan antara lain Tim EOD Satgas Kizi TNI Konga, Cambodian EOD, FACA (Tentara Nasional Republik Afrika Tengah) dan EOD QRF Portugal.

Baca Juga: Prajurit Zeni Tuai Pujian Masyarakat Karena Bangun 7 Jembatan di Tanah Datar

Ia mengatakan ada beberapa tahapan serta prosedur khusus diterapkan dalam kegiatan ini, yaitu dengan mengkombinasikan antara SOP Indonesia dengan standar prosedur UN demi menjaga keamanan dan keselamatan baik personel, material maupun daerah sekitar lokasi Disposal.

“Disposal sendiri bertujuan untuk mengurangi tingkat ancaman Bahan Peledak, UXO maupun AXO serta penyalahgunaan amunisi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab terutama yang berada di Republik Afrika Tengah,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER