Selasa, 28 Mei 2024

Rusia Segera Tempatkan Senjata Nuklir di Belarusia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rusia akan segera menempatkan senjata nuklir taktis miliknya di negara tetangga, Belarusia. Keputusan itu diraih ketika menteri pertahanan kedua negara melakukan pertemuan bilateral di Minks pada Kamis (25/5).

Dilansir dari TASS, laman resmi media Pemerintah Rusia, Jumat (26/5), Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu bertemu Viktor Khrenin untuk menandatangani dokumen yang berisi tentang prosedur untuk menyimpan senjata nuklir taktis milik negaranya di sebuah fasilitas khusus.

Baca Juga: Komandan Wagner Sebut 20.000 Tentara Rusia Tewas di Bakhmut

Kesepakatan ini merupakan wujud hubungan yang semakin erat dengan Belarusia sekaligus menjadi yang pertama kali Rusia menyimpan senjata nuklir di negara tetangga sejak 1990-an. Namun, semua senjata nuklir itu akan tetap berada di bawah kendali Rusia.

Dalam pertemuan itu, Khrenin mengatakan keputusan Belarusia merupakan respon penting menghadapi berbagai ancaman keamanan dan tindakan agresif dari negara-negara lain.

“Penyebaran senjata nuklir nonstrategis merupakan respons efektif terhadap kebijakan agresif negara-negara yang tidak bersahabat dengan kami,” kata Khrenin.

Baca Juga: AS dan Korsel Gelar Latihan Tempur Dekat Perbatasan Korut

Shoigu juga menekankan bahwa langkah-langkah yang diambil oleh kedua negara telah mematuhi semua kewajiban hukum internasional. Kendati demikian, keduanya tidak menyebutkan berapa banyak jumlah senjata nuklir yang akan di simpan di Belarusia.

Sebelumnya, Putin mengatakan bahwa Rusia siap mengerahkan senjata nuklir taktis di Belarus pada Maret lalu. Putin menyamakan rencananya ini dengan langkah AS yang menempatkan senjatanya di Eropa. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER