Selasa, 21 Mei 2024

Rusia Kembali Gempur Soledar, Wilayah Industri Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pemerintah Ukraina melaporkan bahwa Rusia telah meningkatkan serangan terhadap wilayah Soledar di Ukraina Timur. Upaya penaklukan kota kecil itu dilakukan agar pasukan Rusia dapat mengepung kota terdekatnya, Bakhmut.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (10/1), Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan bahwa Rusia terus membentuk strategi demi menguasai wilayah Ukraina. Mereka berusaha untuk merebut Soledar, kota kecil sekaligus kawasan industri yang dinilai strategis.

“Musuh menyusun kembali pasukan mereka, menambah kerugian, mengerahkan kembali unit penyerangan tambahan, mengubah taktik, dan melancarkan serangan yang kuat. Dalam beberapa hari terakhir, serangan Rusia terfokus pada Soledar dalam upaya nyata untuk memutus kota Bakhmut,” ujar Maliar.

Menanggapi serangan Rusia yang terfokus di Soledar, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa upaya tersebut tidak akan berhasil karena pasukannya berada di posisi pertahanan yang maksimal. Ia pun berterima kasih atas perjuangan pasukannya yang diklaim berhasil menahan Rusia merebut Soledar.

“Saya berterima kasih kepada semua pejuang kami yang membela Bakhmut dan menunjukkan ketahanan maksimal. Saya berterima kasih kepada semua pejuang di Soledar yang menahan serangan yang bahkan lebih keras dari penjajah,” ujar Zelensky dilansir President.go.ua.

Baca: Hadapi Tantangan Global, Kanada Beli 88 Jet Tempur F-35

Pasukan Rusia telah berjuang selama berbulan-bulan untuk merebut Kota Bakhmut yang berjarak hanya 15 kilometer dari Soledar. Merebut Soledar akan menjadi pencapaian besar bagi Rusia, setelah mereka mengalami serangkaian kemunduran sejak Agustus tahun lalu. Rusia dapat menggunakan akses jaringan terowongan tambang garam Soledar yang tidak aktif sejak diinvasi, untuk menembus kota terdekatnya tersebut. Selain itu, penaklukan Soledar kemungkinan dapat memutus jalur pasokan utama tentara Ukraina di Bakhmut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER