Selasa, 28 Mei 2024

Refleksi HUT ke-77, KSAU: Perjalanan Panjang Pembangunan TNI AU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Upacara HUT ke-77 TNI Angkatan Udara (TNI AU) yang diperingati pada 9 April 2023 mendatang di Taxy Way Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta akan digelar secara masif dengan mengerahkan puluhan pesawat hingga ribuan prajurit TNI AU.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengungkapkan dalam upacara tahun ini pihaknya melibatkan 82 pesawat terbang dari berbagai jenis serta 3.300 prajurit TNI AU, di mana 2.200 prajurit merupakan bagian dari pasukan darat, sementara 1.100 prajurit lainnya adalah awak pesawat dan ground crew.

Baca Juga: Danlantamal XIII Tinjau Kesiapsiagaan Pos TNI AL Perbatasan Indonesia-Malaysia di Sebatik

“Upacara ini sengaja digelar dengan cukup besar mengingat kita (HUT TNI AU) jatuh pada (usia) ke-77 tahun, di mana kita menilai bahwa cukup panjang perjalanan pembangunan TNI AU,” ungkap Fadjar kepada awak media usai pelaksanaan gladi bersih upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU, Kamis (6/4). Upacara ini, lanjutnya, merupakan bentuk pertanggungjawaban TNI AU kepada rakyat dan bangsa Indonesia.

jet tempur
Aksi manuver udara jet tempur TNI AU dalam gladi bersih upacara peringatan HUT ke-77 TNI AU. (IDM/Faisal Ramadhan)

Pada kesempatan yang sama, Fadjar menampik isu yang sempat menyebut jika kesiapan pesawat Sukhoi TNI AU cukup rendah. Fadjar menegaskan jika pihaknya akan selalu menjaga dan meningkatkan kesiapan pesawat tempur TNI AU. Meskipun dinamika geopolitik saat ini memang ia akui cukup berpengaruh pada sejumlah hal, baik supply chain maupun suku cadang pesawat tertentu.

“Memang beberapa waktu lalu ada sedikit kendala dan kendala ini merupakan masalah di dunia setelah ada pandemi, di mana supply chain semua terganggu tetapi kami dapat mengatasinya dan kami ingin memperlihatkan kepada rakyat Indonesia bahwa TNI AU selalu siap mempertahankan kedaulatan udara,” tegas KSAU.

Baca Juga: Keren, Helikopter Raksasa Mil Mi-26 Muat Perbekalan untuk Pasukan Garuda

Sebagaimana diketahui, TNI AU merupakan bagian integral TNI yang melaksanakan tugas matra udara di bidang pertahanan hukum dan menjaga wilayah kedaulatan udara yurisdiksi nasional sesuai dengan hukum nasional dan internasional yang telah diratifikasi.

Selain itu, para tentara langit ini juga bertugas untuk melakukan pembangunan dan pengembangan matra udara, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER