Kamis, 13 Juni 2024

Puspenerbal Kenalkan Terbang Formasi dengan Pesawat Piper kepada Siswa Penerbang TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) mengenalkan latihan terbang formasi menggunakan pesawat Piper Archer DX kepada siswa penerbang TNI AL angkatan XVIII di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (4/6).

Kadispen Puspenerbal Kolonel Laut (KH) Rohman Arif menjelaskan terbang formasi merupakan salah satu kemampuan dan keterampilan yang wajib dimiliki para penerbang militer.

“Salah satunya bagi para penerbang di TNI AL yang mengawaki berbagai jenis pesawat taktis,” ujar Rohman dalam keterangannya, dikutip Rabu (5/6).

Baca Juga: Dubes Denmark Sambangi Prabowo di Kementerian Pertahanan, Apa yang Dibahas?

Dua unit pesawat Piper Archer DX yang berada di bawah operasi Skadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal melaksanakan penerbangan formasi di langit area selatan Sidoarjo.

Instruktur pilot Kapten Laut (P) Faisal dan Kapten Laut (P) Rana dalam latihan tersebut menunjukkan berbagai formasi dasar untuk memberikan pengenalan kepada siswa penerbang, di antaranya Echelon, Trail, Break, dan Rejoin secara bergantian.

Puspenerbal
(Foto: Dok. Dispen Puspenerbal)

“Selain terbang formasi, terbang di malam hari juga menjadi satu kemampuan dan keterampilan yang harus dikuasai untuk menunjang operasi-operasi pada masa mendatang,” tandas Rohman.

Mengenal pesawat latih Piper

Dilansir dari berbagai sumber, Piper Archer DX hadir untuk melengkapi jenis pesawat latih yang telah ada sebelumnya, seperti jenis Tobago TB-10 dan Tampico TB-9C. Piper Archer DX disokong mesin single propeller Continental CD-155 4 silinder dengan kekuatan 155 hp.

Baca Juga: Kodam I/BB Ungkap Jaringan Penyelundupan Moge, Rugikan Negara Rp20 Miliar

Pesawat dengan empat kursi ini sanggup melesat dengan kecepatan jelajah 288 km per jam. Piper Archer DX memiliki kapasitas bahan bakar 182 liter yang mampu pesawat ini sanggup terbang sejauh 1.576 km.

Sebagai pesawat latih Puspenerbal yang tergolong baru, Piper Archer DX dilengkapi fitur standar berupa Garmin G1000 NXi Avionics Suite, Garmin FliteChart, Garmin SafeTaxi, GMA 1360 Digital Audio Panel, GTX 335R Transponder dan Aspen Standby EFD1000.

Dari dimensi, Piper Archer DX punya panjang 7,3 meter, lebar bentang sayap 10,8 meter dan tinggi 2,2 meter. Bobot maksimum saat take-off pesawat ini mencapai 1.157 kg, sementara payload standar yang dapat dibawa adalah 360 kg. Piper Archer DX dapat lepas landas dari runway sepanjang 510 meter dan mampu mendarat di landasan 427 meter. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER