Sabtu, 15 Juni 2024

Prajurit Perbatasan RI-PNG Siaga Malaria

BACA JUGA

JAYAPURA (IDM) – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Pitewi memberikan perawatan kepada salah satu warga Kampung Pitewi Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom yang terjangkit penyakit Malaria tertiana

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. menyatakan bahwa warga yang diketahui bernama Anang (54) dinyatakan terjangkit penyakit Malaria tertiana oleh anggota Pos Pitewi setelah dilakukannya Rapid Diagnotic Test (RDT) di kediamannya. Temuan kasus ini diungkap saat Satgas melakukan pengobatan keliling.

“Ya, Bapak Anang baru menyadari bahwa selama sepekan mengalami demam yang tak kunjung turun,” tutur Mayor Anggun melalui keterangan pers, Senin (08/02/2021).

“Untungnya Pos pimpinan Kapten Inf Rum Patria Misa melakukan kegiatan pengobatan secara door to door atau keliling dari rumah ke rumah di Kampung Pitewi. Mendengar keluhan itu, personel kesehatan bernama Sersan Egy memeriksanya melalui pengecekan RDT, Alhasil Bapak Anang positif terkena Malaria Tersiana,” jelasnya.

Sementara itu, Kapten Inf Rum menambahkan, Anang lebih memilih dirawat di kediamannya karena ia hidup hanya berdua dengan sang istri. “Sebelumnya sudah kami tawari untuk dirawat di Pos, namun ia lebih memilih dirawat di rumahnya karena putra-putrinya jauh merantau di luar Papua,” cetusnya. 

Namun, Kapten Inf Rum memastikan, mereka tetap dapat mengontrol perkembangan kesehatan pasien dan memantau hingga proses penyembuhannya. “Dengan mendatangi Bapak Anang setiap 6 jam sekali saat mengganti Infus,” ucapnya.

Mendapat pengobatan dari Pos, Anang begitu terharu dan mengucapkan terima kasih kepada Pos Pitewi Satgas Yonif MR 413 Kostrad. “Terima kasih abang-abang Satgas atas perhatiannya kepada saya dan warga Kampung Pitewi, semoga Kebaikan Satgas selama ini mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan yang Maha Kuasa, Amin,” harapnya. [wan]

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER