Minggu, 26 Mei 2024

Polandia Akan Beli 800 Rudal AGM-114R2 Hellfire

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan Amerika Serikat (DSCA) mengumumkan bahwa pihaknya telah menyetujui penjualan rudal AGM-114R2 Hellfire ke Polandia. Langkah tersebut dilakukan sebagai komitmen dukungan AS terhadap keamanan sekutu NATO.

“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional AS berupa meningkatkan keamanan sekutu NATO,” ujar DSCA melansiir dari dsca.mil, Senin (20/3).

Baca Juga: Korut Luncurkan Rudal, AS dan Korsel Gelar Latma Militer

Polandia sebelumnya mengajukan pembelian 800 rudal AGM-114R2 Hellfire dan 4 unit M36 Hellfire Captive Air Training Missiles (CATM), serta persenjataan lainnya dengan nilai mencapai $ 150 juta yang nantinya akan diproduksi oleh industri pertahanan AS Lockheed Martin.

Pembelian rudal canggih tersebut merupakan bagian dari modernisasi kemampuan militer Polandia sekaligus akan dapat meningkatkan interoperabilitas dengan AS di kawasan.

Baca Juga: Transnational Organized Crime, Alasan Patkor Indonesia-Singapura Aktif Kembali

AGM-114 Hellfire adalah rudal udara ke darat yang biasa digunakan untuk mempersenjatai helikopter maupun pesawat nirawak tempur dengan jangkaun tembak hingga 11 kilometer. Rudal ini memiliki berat sekitar 45 kilogram, dengan panjang keseluruhan 1,6 meter.

Rudal dengan kecepatan luncur hingga 1,3 Mach atau setara 1.600 km/jam ini bernilai hingga $ 150.000 per unit dan telah digunakan oleh 31 negara. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER