PM Kamboja Terharu Atas Jasa Besar Menhan Prabowo

54

Phnom Penh, IDM – Perdana Menteri Kamboja Hun Sen menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan) Prabowo Subianto atas kunjungan kehormatan di Peace Palace Kamboja Rabu (22/6).

Dalam courtesy call tersebut, Hun Sen sangat terharu atas jasa besar Menhan Prabowo sewaktu masih bergabung bersama Kopassus untuk melatih dan mendidik Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja hingga menjadikan cikal bakal berdirinya Special Force Command Kamboja.

Menhan Prabowo turut menyampaikan kepada Hun Sen bahwa selama kunjungannya ke Kamboja, ia bertemu dengan Komandan Brigade Kopassus 911 dan memutuskan untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa militer Kamboja untuk belajar di Akademi Pertahanan Indonesia bidang kedokteran, teknik, matematika, dan sains.

Hun Sen pun merespons ucapan Menhan Prabowo dengan mengucapkan terima kasih kepada pihak Indonesia yang telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa militer Kamboja.

Sejak hubungan diplomatik Indonesia-Kamboja dirintis pada 1959, Indonesia selalu mendukung perdamaian dan stabilitas di Kamboja. Indonesia, secara konsisten telah membantu dalam hal peningkatan kapasitas, termasuk dalam bidang pertahanan melalui pelatihan militer dan pengiriman pasukan perdamaian sebagai bagian dari misi perdamaian.

Courtesy call Menhan Prabowo dengan PM Hun Sen merupakan sesi lanjutan dari sesi sebelumnya yakni courtesy call antara Menteri Pertahanan negara-negara se-ASEAN dengan PM Kamboja di sela rangkaian kegiatan ASEAN Defense Ministers’Meeting (ADMM) ke-16 yang digelar di Kamboja.

Adapun delegasi Indonesia yang turut mendampingi Menhan Prabowo Subianto saat melakukan courtesy call dengan Perdana Menteri Kamboja di antaranya Asisten Khusus I Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rodon Pedrason dan Duta Besar RI untuk Kamboja Sudirman Haseng.(nhn/si)