Minggu, 26 Mei 2024

Pertama Kali, AS akan Pasok M60 AVLB ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya sepakat untuk memasok delapan M60 AVLB (Armored Vehicle Launched Bridges) ke Ukraina dalam bantuan pertahanan terbaru senilai US$400.

M60 AVLB merupakan jembatan taktis yang memungkinkan Ukraina untuk menyebrangi sungai atau rintangan bercelah karena pertempuran saat ini sengit dilakukan dengan Pasukan Rusia yang berada di tepi barat Sungai Dnipro.

Baca Juga: Momen Kebersamaan Prabowo dan Presiden MBZ di UEA, Pererat Kerja Sama Pertahanan

“Kendaraan ini dirancang untuk memberi mereka (Tank) kemampuan untuk menyeberangi sungai dan parit. Jembatan dibawa dengan sasis kendaraan lapis baja dan diluncurkan di sungai atau tepian,” ujar Kementrian Pertahanan AS melansir Defense.gov, Senin (6/3).

M60 AVLB mulai beroperasi untuk Angkatan Darat AS pada tahun 1960an. Jembatan taktis ini dilengkapi dengan mekanisme peluncuran hidrolik dan jembatan aluminium dengan berat 14,47 ton serta panjang 19,2 m. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 menit untuk jembatan ini diluncurkan dan membentang melintasi rintangan di medan tempur.

Baca Juga: Rusia Perketat Pertahanan Usai dihantam Drone

Dilansir dari The Drive, Senin (6/3), kemampuan jembatan taktis ini untuk menompang beban tank atau kendaraan yang melintas dipengaruhi oleh faktor kepadatan tanah. M60 AVLB dapat menahan beban hingga 70 ton jika berada di tanah yang stabil.

Selain Sungai Dnipro, pertempuran juga terjadi di wilayah Ukraina timur yang penuh dengan jalur air dan parit. Sehingga, keputusan AS dalam memasok M60 AVLB dinilai mampu memukul mundur pasukan Rusia dengan menyebrangi sungai dan melalui jalur yang lebih singkat. Pada paket bantuan baru ini, AS juga memberikan tambahan drone pengintai, peralatan deteksi perang elektronik, serta amunisi untuk M142 HIMARS. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER