Minggu, 26 Mei 2024

Persiapan RIMPAC 2022, KRI I GNR-332 Sukses Uji Coba Latihan RAS

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal TNI AL Unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II, KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 berhasil melaksanakan uji coba latihan pembekalan di laut atau Replenishment at Sea (RAS), dengan KRI Bontang-907 di sekitar perairan Laut Jawa.

RAS sangat penting bagi ketahanan operasi TNI AL yang dapat berlangsung cukup lama di laut. Terlebih, KRI GNR-332 mengemban misi sebagai Satuan Tugas (Satgas) latihan bersama Multilateral Rim of Pacific (RIMPAC) 2022 di Hawaii untuk melakukan latihan fase laut atau Sea Phase.

Dilansir dari laman Koarmada II TNI AL, Kamis (9/6), dijelaskan metode RAS ialah cara pengisian bahan bakar berupa HSD maupun bahan logistik lainnya seperti air tawar, bahan makanan dan sebagainya dari kapal pemberi kepada kapal penerima. KRI I GNR-332 berhasil menghubungkan probe dari KRI Bontang-907 dengan bellmouth yang ada di KRI GNR-332 dan berhasil melaksanakan transfer bahan bakar minyak (BBM).

Latihan RIMPAC 2022 di Hawaii akan berlangsung selama 21 hari dengan berbagai serial latihan, baik spektrum darat, laut dan udara. Selama waktu tersebut, pembekalan hanya dapat dilakukan dengan metode RAS. KRI GNR-332 diperkirakan akan melaksanakan delapan kali RAS dengan unsur-unsur kapal perang dari berbagai negara peserta. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER