Perkuat Pertahanan Udara Ukraina, AS Kembali Kirim Bantuan Senilai USD 400 Juta

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – AS kembali kirim bantuan militer senilai USD 400 juta ke Ukraina khusus untuk memperkuat pertahanan udara. Pentagon menggarisbawahi bahwa bantuan ini diperlukan Ukraina demi mendorong mundur pasukan Rusia dan menghentikan serangan udara yang menargetkan pasokan energi.

“Dengan serangan rudal dan pesawat nirawak Rusia yang tak henti-hentinya terhadap infrastruktur energi kritis Ukraina, kemampuan pertahanan udara tambahan tetap menjadi prioritas mendesak,” Ujar Kementrian Pertahanan AS dilansir Defense.gov.

Pentagon menyebutkan bahwa bantuan senjata militer ini mencakup High Mobility Artillery Rocket Systems (HIMARS), 150 senapan mesin dengan citra termal yang dapat menembak jatuh pesawat nirawak, 10.000 mortir ukuran 120 mm, amunisi tambahan untuk NASAMS, serta masih banyak artileri lain yang akan dikirim seperti tercantum dalam pernyataan resminya.

Baca: Uni Eropa Persiapkan Sanksi Baru ke Rusia

Menurut Pentagon, sebanyak lebih dari USD 19 miliar bantuan militer telah dikirimkan ke Ukraina sejak invasi pada Februari lalu. Dalam bantuan tersebut, AS secara berturut-turut mengirimkan HIMARS yang dianggap efektif menangkal serangan udara. HIMARS adalah peluncur rudal ringan berteknologi tinggi yang mampu bermanuver dan mencapai target hingga 80 km. Setiap unit mampu membawa enam peluru kendali yang dapat diisi ulang dalam waktu sekitar 1 menit. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER