Peringati Tiga Dekade Hubungan Diplomatik, Rusia-Kazakhstan Perkuat Kerja Sama

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev bertemu untuk memperingati tiga dekade terjalinnya hubungan diplomatik di Rusia, Senin (28/11). Mereka menandatangani sebuah dokumen kerja sama yang mempererat hubungan bilateral negara.

Kazakhstan adalah sekutu penting Rusia yang berbagi perbatasan sepanjang 7.600 km. Dalam deklarasi peringatan 30 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dan Kazakhstan, memuat 37 pasal perihal sejumlah upaya untuk mempererat kerjasama bilateral di multi sektor antara lain bidang pertahanan, ekonomi, politik, budaya dan pendidikan. Pada awal pertemuan, Tokayev mengatakan ini merupakan kunjungan pertamanya ke luar negeri sejak dia menjadi presiden.

“Ini merupakan kunjungan perdana Tuan Tokayev setelah terpilih kembali sebagai presiden Kazakhstan. Dalam konteks ini, hal tersebut memiliki makna simbolis. Itu menggarisbawahi sifat khusus dari hubungan kami. Kami sangat menghargai itu,” ujar Putin dalam pertemuan itu dilansir Kremlin.ru.

Tokayev menegaskan bahwa Kazakhstan siap meningkatkan kerja sama komprehensif untuk mengembangkan hubungan aliansi, dan integrasi berdasarkan rasa saling percaya dan kemitraan strategis.

“Bagi Kazakhstan, Rusia telah dan tetap menjadi mitra strategis kami, sebuah negara yang memiliki ikatan mendalam dengan kami di berbagai sektor,” ujar Tokayev.

Baca: Cina: Kapal AS Terobos Wilayah Laut Cina Selatan

Hubungan diplomatik antara Rusia dan Kazakhstan dibentuk sejak 22 Oktober 1992. Hubungan serta kerja sama bilateral diatur melalui kerangka kontrak dan hukum dengan lebih dari 400 perjanjian ditandatangani. Tetapi Presiden Tokayev telah menjaga jarak dari Rusia di tengah konflik di Ukraina, terutama menolak ini mengakui deklarasi Kremlin atas wilayah Ukraina. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER