Perdana, ASEAN-Rusia Akan Gelar Latihan Angkatan Laut Bersama di Perairan Indonesia

29
Perdana, ASEAN-Rusia Akan Gelar Latihan Angkatan Laut Bersama di Perairan Indonesia
Russian Mission to ASEAN @ASEANRussia

Jakarta, IDM – ASEAN dan Rusia dikabarkan akan menggelar latihan Angkatan Laut bersama pada awal Desember 2021. Latihan bersama perdana ini disebut akan digelar di perairan teritorial Indonesia pada 1-3 Desember 2021.

“Latihan angkatan laut Rusia-ASEAN akan berlangsung di wilayah Sumatera Utara di perairan teritorial Indonesia pada 1-3 Desember,” ungkap Perwakilan Tetap Rusia di ASEAN Alexander Ivanov seperti dilansir TASS, Selasa (23/11).

Dilansir dari akun Twitter Resmi perwakilan Rusia untuk ASEAN di Jakarta (@ASEANRussia), Rusia akan mengirim kapal perusak Armada Pasifik Admiral Panteleyev dalam latihan tersebut. Latihan ini akan dilakukan dalam dua tahap yakni Harbour Phase (secara virtual) dan Sea Phase.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara Angkatan Laut negara-negara anggota ASEAN dan Angkatan Laut ASEAN untuk memastikan keamanan ekonomi maritim dan navigasi sipil,” sambung keterangan tertulis dalam akun tersebut.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dikabarkan akan menghadiri acara pembukaan latihan militer bersama itu dari kapal perusak Admiral Panteleyev.

Latihan bersama ini merupakan implementasi dari KTT ASEAN-Rusia ke-2 yang dilakukan pada 28 Oktober lalu dan dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin melalui konferensi pers. Pertemuan itu bertepatan dengan peringatan 30 tahun hubungan antara Rusia dan ASEAN yang diperingati tahun ini.

KTT mengadopsi sejumlah dokumen yang bertujuan untuk lebih mengembangkan kemitraan strategis dan para pemimpin sepakat untuk mengadakan manuver angkatan laut Rusia-ASEAN yang pertama. (NHN/YAS)