Sabtu, 25 Mei 2024

Pengeluaran Militer Global Meningkat Signifikan Hingga $2,24 triliun

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pengeluaran militer global telah meningkat signifikan yaitu naik 3,7 persen menjadi $2,24 triliun pada tahun 2022. Rekor kenaikan ini merupakan yang tertinggi, imbas dari perang antara Rusia dan Ukraina.

Dilansir dari Sipri.org, Senin (24/4), angka tersebut berdasarkan atas penelitian yang dilakukan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI). Lima pembelanja terbesar pada tahun lalu adalah Amerika Serikat (AS), Cina, India, Inggris dan Rusia. Kelima negara itu bersama-sama menyumbang 61.9 persen dari pengeluaran militer global.

Baca Juga: Rusia Luncurkan Iklan untuk Rekrut Tentara Tambahan

Sementara itu, peningkatan tertinggi secara keseluruhan terjadi di wilayah Eropa yang membelanjakan anggaran 13% lebih banyak untuk keperluan militer.

“Sementara invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022 tentu memengaruhi keputusan pengeluaran militer pada 2022. Namun, banyak bekas negara blok timur yang telah meningkatkan pengeluaran militer mereka lebih dari dua kali lipat sejak 2014, ketika Rusia meganeksasi Krimea,” ujar peneliti SIPRI Lorenzo Scarazzato.

Baca Juga: Atasi Sengketa, Filipina dan Cina Sepakat Tingkatkan Jalur Komunikasi

Pengeluaran militer di Eropa pada tahun 2022 mencapai $480 miliar dan menjadi yang tertinggi selama 30 tahun terakhir. Tren peningkatan tersebut diperkirakan akan terus berlanjut pada dekade berikutnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER