Selasa, 25 Juni 2024

Pecahkan Rekor MURI, 1000 Prajurit TNI Membatik di Tugu Yogyakarta

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Momentum hari batik nasional yang diperingati Senin, (2/10/2023) kemarin sebanyak 1000 prajurit gabungan dari TNI AD, AL dan AU membatik bersama di tugu Yogyakarta.

Dilansir dari akun Instagram @jogjaistimewa, Selasa, (3/10) terlihat keseruan dan keramaian kegiatan yang dilakukan oleh ribuan anggota TNI di Yogyakarta. Kegiatan itu berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman dekat dengan monumen khas Yogyakarta yaitu Tugu Golong Gilig.

Baca Juga: TNI Gelar Geladi Bersih HUT ke-78 di Silang Monas

Sementara itu dilansir dari Merdeka, Sekda DIY Beny Suharsono mengatakan DIY telah memiliki tiga warisan budaya tak benda yang diakui UNESCO, yaitu keris, wayang, dan batik.

1000 prajurit TNI
(Foto: Instagram @jogjaistimewa)

“Untuk itu, menjadi tugas kita bersama untuk mengaktualisasikan warisan budaya tak benda menjadi sebentuk etos kerja atau karya dalam berbagai bentuk dan media,” katanya.

Baca Juga: Juli-Agustus, Satgas Pamtas RI-Malaysia Sita 11,3 Kg Sabu dan 10 Ribu Butir Ekstasi

Batik sendiri dikenal sebagai salah satu identitas negara Indonesia. Sejarah momen ini tak lepas dari penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2009 lalu. Penetapan dilakukan dalam sidang ke-2 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 Oktober 2009.

Selain gabungan anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU terlihat kegiatan membatik ini juga diikuti anak-anak sekolah di Yogyakarta. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER