Pangdivif 2 Kostrad Dukung Program Aksi Indonesia Hijau

6
Pangdivif 2 Kostrad Dukung Program Aksi Indonesia Hijau
( Dok : Pen Kostrad )

Jakarta, IDM – Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad bersama Kepala Perhutani KPH malang, Wakil Walikota Batu dan Forkopimda Kota Batu turut mendukung program Aksi Indonesia Hijau dengan mengikuti acara penanaman pohon di Bukit Jengkoang, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Selasa (23/11).

Melestarikan lingkungan menjadi salah satu pokok perhatian bagi Divif 2 Kostrad. Pasalnya, lingkungan yang tidak terjaga dan dirawat dengan baik akan menjadi petaka bagi warga masyarakat. Kegiatan ini disambut baik oleh warga masyarakat, karena dengan adanya banyak bibit tanaman yang ditanam dapat mengajarkan kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan dan tidak sembarangan menebang pohon, karena akan berdampak buruk bagi wilayah sekitar.

“Aksi Indonesia hijau ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari, mengurangi polusi udara dan pemanasan global serta sejumlah manfaat lainnya. Untuk itu utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana,” ucap Mayjen Andi.

Kegiatan ini berlangsung mulai hari tanggal 20 sampai tanggal 22 November 2021 yang bertempat di Pusung Lading, Gunung Pacung dan di hari selasa tanggal 23 November 2021 bertempat di Bukit Jengkoang Kota Batu.

Aksi Indonesia Hijau ini terus dilaksanakan meskipun hujan turun cukup deras sehingga mencapai pemenuhan penanaman 12.000 bibit pohon bisa tercapai.

Sesuai perintah KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memerintahkan kepada satuan jajaran TNI AD agar senantiasa menjalankan 8 Wajib TNI nomor 8 yaitu ‘Mengatasi Kesulitan Rakyat di Sekelilingnya’.

Maksud dalam penyelenggaraan Aksi Indonesia Hijau ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir dan merupakan upaya untuk mengatasi kesulitan rakyat akibat dampak bencana alam di wilayah Bukit Jengkoang, Kec. Bumiaji, Kota Batu. (nhn/yas)