Selasa, 28 Mei 2024

PAL Resmi Serahkan KRI Radjiman Widyodiningrat-992 ke TNI AL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL resmi mendapatkan kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru, yakni KRI Radjiman Widyodiningrat-992 buatan PT PAL Indonesia di Surabaya, Kamis (19/1).

Kapal bantu rumah sakit TNI AL itu merupakan yang kedua dibuat oleh PT PAL Indonesia, setelah sebelumnya KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 yang telah diserahterimakan pada Januari 2022 lalu.

Dikarenakan pembangunan kapal sudah mencapai 100 persen, CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod resmi menyerahkan KRI Radjiman Widyodiningrat-992 kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

KRI
KRI Radjiman Widyodiningrat-992. (Foto: Dok. PT PAL)

“Kapal bantu rumah sakit ini memiliki nilai manfaat yang tinggi, terutama dalam operasi militer selain perang dalam bakti kesehatan dan kepedulian sosial,” kata Ali dikutip dari keterangan resmi PT PAL Indonesia.

Terlebih, mengingat fasilitas kesehatan menjadi kebutuhan vital di tengah kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak pada zona rawan bencana serta populasi masyarakat yang tinggi.

“Ini sudah terbukti, beberapa kapal rumah sakit yang lalu berfungsi dan sangat bermanfaat ketika terjadi bencana dan dapat beroperasi dengan optimal,” ujarnya.

KRI
(Foto: Dok. PT PAL)

Sementara itu, Kaharuddin memaparkan keseluruhan konstruksi KRI Radjiman Widyodiningrat-992 telah selesai serta sistem pendorong kapal dan beberapa alat kesehatan sudah terpasang di dalam kapal tersebut.

Baca: Mutasi TNI, Laksamana Muda Irvansyah Ditunjuk Jadi Pangkogabwilhan I

“Kapal ini telah memenuhi parameter keberhasilan, salah satunya dengan tercapainya maximum speed saat kondisi full load, rata-rata 18,3 knots, melebihi target dari 18 knots,” papar Kaharuddin dalam sambutannya.

KRI Radjiman Widyodiningrat-992 mampu mengakomodir 12 jenis operasi, didukung dua unit perahu ambulans, dua unit Landing Craft Vehicle Personel, dan satu unit Rigid Hull Inflatable Boat serta fasilitas UGD, ruang rawat inap, isolasi, radiologi, bersalin dan bayi, klinik atau poli, laboratorium, bank darah, operasi, ICU dan HCU serta dapat membawa tiga unit helikopter dengan kapasitas 11 ton. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER