Optimalkan Kualitas Hasil Litbanghan, Dislitbangad Gelar Penilaian Tiga Hari

8
Brigjen Terry Tresna
( Dok Dispenad )

Jakarta, IDM – Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) menggelar acara Penilaian Hasil Kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2021 di Madislitbangad, Matraman, Jakarta. Kegiatan yang akan berlangsung mulai 29 November sampai 1 Desember 2021 ini dibuka oleh Kadislitbangad Brigjen Terry Tresna.

Kadislitbangad mengatakan, tujuan diadakan penilaian hasil kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2021 yaitu untuk mengetahui sejauh mana kualitas hasil Litbanghan yang telah dilaksanakan, baik Litbang materiel maupun Litbang non materiel, sebagai bentuk pertanggung jawaban dari Balak Litbang dan unsur Litbang Balakpus TNI AD yang mendapatkan alokasi anggaran Litbanghan pada TA 2021. Melalui forum ini diharapkan akan diperoleh data yang valid dan akurat sehingga dapat dijadikan sebagai bahan masukkan kepada pimpinan dalam menentukan kebijakan di masa yang akan datang.

“Pada penilaian hasil kegiatan Litbanghan tahun ini terdapat 34 judul kegiatan Litbang, terdiri dari 19 kegiatan Litbang materiel, 9 kegiatan Litbang Insani, dan 6 kegiatan Litbang Orgsismet,” ujar Terry.

Kadislitbangad menambahkan bahwa berdasarkan hasil pelaksanaan asistensi teknik (Asnik) yang dilaksanakan oleh tim Dislitbangad, dan Dalwasgiat yang dilaksanakan oleh tim Srenaad terlihat adanya kecenderungan dari masing-masing pejabat Litbang Puscabfung/Balakpus TNI AD untuk semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sebagai upaya untuk mewujudkan hasil Litbang yang semakin berkualitas.

“Saya memiliki keyakinan dan optimisme yang tinggi bahwa hasil kegiatan Litbang yang telah dilaksanakan akan memiliki nilai manfaat bagi prajurit dan satuan dalam mendukung pelaksanaan tugas, serta mampu memberikan solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh satuan,” kata Terry.

Untuk menjamin obyektivitas penilaian, papar Kadislitbangad, Dislitbangad sebagai penyelenggara telah menyiapkan personel yang memiliki komitmen dan integritas yang tinggi untuk bertindak sebagai tim penilai.

“Saya menaruh harapan besar kepada para penilai untuk mampu bekerja secara profesional dan independen sehingga mampu memberikan penilaian secara obyektif,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Kadislitbangad, semua peserta agar mempedomani beberapa hal dalam pelaksanaan penilaian hasil kegiatan Litbanghan TNI AD TA 2021. Pertama, laksanakan penilaian hasil kegiatan litbanghan TNI AD TA 2021 secara profesional, obyektif, dan independen sehingga dapat diperoleh data hasil kegiatan litbanghan yang valid, akuntabel, dan akurat.
Kedua, berikan saran dan masukkan yang konstruktif kepada Puscabfung/Balakpus TNI AD sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dari kegiatan Litbang yang dilaksanakan, terakhir, segera memperbaiki naskah laporan apabila ada saran dan masukkan dari tim penilai, masing-masing Puscabfung/Balakpus.

Kendatipun peserta yang melaksanakan penilaian secara tatap muka dan secara virtual, ujar Kadislitbangad, tidak akan mengurangi objektivitas dari hasil penelitian yang dilaksanakan kurun waktu satu tahun anggaran. (nhn/yas)