Menhan Prabowo Pimpin Kenaikan Pangkat Awak KRI Nanggala-402

32
Menhan Prabowo Pimpin Kenaikan Pangkat Awak KRI Nanggala-402
Photo: IDM

Surabaya, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memimpin upacara militer penganugerahan Tanda Kehormatan RI dan kenaikan pangkat luar biasa untuk 53 prajurit KRI Nanggala-402. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan terakhir untuk para prajurit yang gugur. Upacara digelar di Hanggar 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (29/04). Turut dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, serta para perwira tinggi dan pejabat TNI-Polri.

Penganugerahan tanda kehormatan dan kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keppres RI No 26/TK/Tahun 2021 tentang penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jalasena Nararya, Keppres RI No 39/TNI/ Tahun 2021 tentang kenaikan pangkat luarbiasa operasi selain perang anumerta, Kepmenhan RI No 466/IV/2021 tentang pemberian kenaikan pangkat anumerta dan Kep Panglima TNI Nomor Kep 341/IV/2021 tentang penetapan kenaikan pangkat luar biasa operasi militer selain perang anumerta.

“Menjaga kedaulatan negara dan bangsa, di samudera kita. Saya yakin pengorbanan para prajurit tersebut tidak sia-sia dan para keluarga yang ditinggal patut merasa bangga atas pengorbanan yang besar tersebut,” kata Prabowo saat menberikan sambutan.

Menhan berharap semoga keluarga yang ditinggalkan mampu tegar menghadapi kondisi yang ada. Pemerintah akan menjaga masa depan keluarga para awak yang gugur.