Menhan Prabowo Dorong Kerja Sama ASEAN-India

BACA JUGA

ads-custom-1

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menghadiri ASEAN-India Defense Ministers Informal Meeting di Sokha Siem Reap Resort and Convention Center, Kamboja, Selasa (22/11). Hadir di pertemuan ini, para Menhan ASEAN dan Menhan India Shri Rajnath Singh.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo mendorong kerja sama ASEAN-India khususnya di bidang pertahanan maritim melalui ASEAN-India Maritime Exercise yang akan diselenggarakan perdana pada awal tahun 2023. Menhan Prabowo pun mengapreasiasi komitmen India sebagai mitra strategis yang memberikan pengaruh positif di ASEAN selama 30 tahun.

“Kami sangat menghargai partisipasi kerja sama India dengan ASEAN, khususnya di bidang pertahanan. Kami sepenuhnya mendukung ASEAN-India Maritime Exercise,” ujar Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo Dorong Kerja Sama ASEAN-India
(IDM/Tim Media Prabowo Subianto)

Lebih lanjut, Menhan Prabowo menegaskan peran penting laut yang harus dijaga oleh pemuda ASEAN. Secara geografis, Indonesia memiliki wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia dan India memiliki persamaan sebagai negara dengan jumlah pemuda berumur produktif yang lebih banyak di kawasan ASEAN. Sehingga, Indonesia berinisiatif menjadi co-chairs dengan India, dalam rencana latihan bersama Humanitarian Assitance Disaster Relief (HADR) yang disepakati oleh negara-negara ASEAN pada 2023 mendatang.

Baca: Tingkatkan Armada Pertahanan, Rusia Suplai Pesawat Tempur Su-30SM2

“Hal ini sangat penting dan kami mendukung penuh untuk mengirimkan pemuda kami bergabung dengan pemuda Anda, dalam menjalankan program krusial ini demi kepentingan kemanusiaan karena kami bergantung pada laut,” ujar Menhan Prabowo. (bp)

ads-custom-2

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

BERITA TERBARU

ads-custom-5

POPULER