Sabtu, 2 Maret 2024

Menhan Prabowo Beri Arahan Langsung Siswa Komcad di Pusdiklatpassus Batujajar

BACA JUGA

Bandung, IDM – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, melakukan peninjauan langsung latihan pembulatan siswa Komponen Cadangan (Komcad) di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/09/21).

Menggunakan helikopter Caracal TNI AU, Menhan beserta jajarannya mendarat di lanud Suparlan yang berada di Pusdikpassus Batujajar.

Prabowo dengan menggunakan safari coklat, sempat berkeliling di Ksatrian Pusdikpassus Batujajar dengan menggunakan kendaraan rantis sambil bernostalgia kala menjabat sebagai Danpusdikpasus.

Saat berkeliling komplek Ksatrian Pusdikpassus, rombongan Menhan Prabowo disambut hangat keluarga besar Pusdikpasus yang menempati mess dan rumah dinas.

Bahkan para ibu dan anak-anak antusias menyambut dengan melambaikan tangan. Menhan prabowo berkesempatan menyapa dan berjabat tangan dengan warga Pusdikpassus untuk bercengkrama sejenak sekaligus memberikan apresiasi atas penyambutan itu.

Kedatangan Menhan Prabowo ini diisi dengan kemahiran siswa Komcad dengan melakukan demonstrasi keterampilan yang diikuti oleh total 2.500 siswa.

Turut mendampingi Menhan Prabowo, Danjen Kopassus Mayjen TNI Mohamad Hasan, Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Kopassus Brigjen TNI Thevi Zebua dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan (Kabaranahan) Marsda TNI Yusuf Jauhari.

Selain itu turut mendampingi Asisten khusus Menhan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, dan Letjen TNI (Purn) Hotmangaraja Pandjaitan. Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menyampaikan bahwa Komponen Cadangan (Komcad) adalah bagian amanat Undang Undang Nomor 23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).

“Setiap warga negara Indonesia wajib dan berhak ikut bela negara,” kata Prabowo.

Lebih jauh Menhan Prabowo menjelaskan, untuk saat ini pembetukan komponen cadangan tahun 2021 sebanyak 2.500 orang “Saya harap anggota komponen cadangan dapat melaksanakan tugas di satuan jajaran TNI, sehingga mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman,” terangnya.

”Jadi penggunaan komponen cadangan ialah untuk menghadapi ancaman militer maupun hibrida yang penggunaannya dilaksanakan melalui keputusan Pemerintah (Presiden) dengan persetujuan DPR yang kendalinya dibawah Panglima TNI,” imbuh Prabowo.

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER