Selasa, 21 Mei 2024

Melihat Monumen Kapal Selam KRI Pasopati-410 di Surabaya

Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam
Monumen KRI Pasopati-410 1
Monumen KRI Pasopati-410 2
Monumen KRI Pasopati-410 3
Monumen KRI Pasopati-410 4
Monumen KRI Pasopati-410 5
Monumen KRI Pasopati-410 6
previous arrow
next arrow
Shadow

Surabaya, IDM – Jika Anda penasaran seperti apa bagian dalam sebuah kapal selam, datanglah ke Monumen KRI Pasopati-410 yang ada di Kota Surabaya.

Menengok sejarahnya, kapal milik TNI Angkatan Laut ini merupakan tipe SS Whiskey Class yang dibuat di Vladivostok, Rusia tahun 1952. Sepanjang tugasnya, kapal ini pernah ikut serta dalam pertempuran laut antara Indonesia dan Belanda di Laut Arafuru (Pertempuran Laut Aru) Maluku tahun 1962 untuk membebaskan Irian Barat dari penduduk Belanda.

KRI Pasopati-410 telah beroperasi sejak 1962 dengan tugas utamanya menghancurkan garis musuh; mengadakan pengintaian; dan melakukan serangan secara diam-diam.

Pada 26 Januari 1990 kapal ini dipensiunkan oleh TNI AL, dan fungsinya diubah menjadi Monumen Kapal Selam untuk mengenang perjuangan Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat). Pada 15 Juli 1998 Monumen Kapal Selam ini dibuka untuk masyarakat umum.

Baca Juga: Melihat Kampung Bahari Nusantara di Pulau Untung Jawa

Terdapat 7 ruangan di KRI Pasopati 410 yaitu ruang pertama untuk tempat peluncuran torpedo; ruang 2 untuk pemancar radio dan ruang serbaguna; ruang 3 sebagai Pusat Informasi Tempur yang berfungsi sebagai pusat pengaturan kapal saat berlayar ataupun saat serangan torpedo.

Selain itu ada pula ruang 4 untuk tempat tidur anak buah kapal (ABK); ruang 5 digunakan sebagai ruang diesel; ruang 6 untuk listrik dan ruang terakhir untuk torpedo buritan. (Jessica Yiswi)

INFRAME

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

EDISI TERBARU

sidebar
custom-ad-5

POPULER