Kamis, 13 Juni 2024

Medium Tank Harimau 105 mm Buatan Pindad Sukses Lakukan Uji Tembak

BACA JUGA

Cipatat, IDM – PT Pindad (Persero) melaksanakan uji tembak (firing test) produk First Article Medium Tank Harimau pada 24 – 25 Februari 2022 di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) TNI AD Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan uji tembak merupakan salah satu rangkaian dari Factory Acceptance Test (FAT) produk Medium Tank Harimau. Tujuan kegiatan uji tembak dilaksanakan untuk mengetahui dan memastikan kemampuan turret dengan kanon 105mm dalam kondisi baik, memenuhi persyaratan dan spesifikasi desain terbaru yang mendapatkan berbagai peningkatan.

Medium Tank Harimau merupakan salah satu dari 7 program pengembangan strategis pemerintah untuk meningkatkan kemampuan BUMN Industri Pertahanan dalam membangun penguasaan teknologi menuju kemandirian alutsista dalam negeri. Bekerja sama dengan FNSS Turki, Pindad sudah mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan referensi standar internasional mengenai pengembangan tank.

Sebelumnya, Medium Tank Harimau menjalani serangkaian Factory Acceptance Test (FAT) yang dilaksanakan di fasilitas uji FNSS Turki pada 8 – 14 Agustus 2021. Rangkaian uji yang dijalani antara lain; uji rintangan tanjakan 60%, uji lintas parit, uji pengereman, uji lintas miring 30%, uji radius putar, uji kemampuan mengarung dan berbagai uji lainnya. Setelah menjalani berbagai rangkaian uji FAT di FNSS Turki, Medium Tank Harimau menjalani uji selanjutnya di Indonesia dan difokuskan pada uji tembak kanon kaliber 105 mm.

Uji tembak / firing test dilakukan dengan posisi Medium Tank Harimau statis dan target tembakan statis berjarak 1250 meter berukuran 4×4 meter menggunakan jenis peluru HEP-T (High Explosive Plastic Tracer) & peluru TPCSDS-T (Target Practice Cone Stabilized Discarding Sabot with Tracer). Sesi pertama merupakan uji visual turret 105 mm untuk memastikan integrasi dan konfigurasi pada desain terbaru Medium Tank Harimau sudah memenuhi persyaratan dan spesifikasi. Pengujian dilakukan dengan memeriksa prinsip kerja, laras, alat bidik, fitur, gerakan hingga tombol-tombol sudah bergungsi dengan baik.

Sesi kedua merupakan uji tembak turret dengan kanon 105 mm. Manager Mutu Industrial 2 PT Pindad (Persero), Suparno bertindak sebagai Kepala Pelaksana Kegiatan Uji Tembak memberikan aba-aba penembakan Medium Tank Harimau. Pengujian tembak diawali dengan menembak dengan posisi menghadap arah depan, lalu dilanjutkan dengan arah kanan, kiri dan diakhiri arah belakang. Masing-masing posisi tembak dilakukan pengujian dengan menggunakan peluru sebanyak 1 butir. Hasil uji tembak adalah Medium Tank Harimau sukses menembak tepat sasaran dengan turret tetap stabil dan seluruh fungsi turret berfungsi baik sesuai persyaratan.

Setelah melaksanakan uji tembak, Medium Tank Harimau dengan desain dan konfigurasi terbaru melaksanakan berbagai uji daya gerak. Rangkaian uji yang dilaksanakan adalah uji percepatan dan uji perlambatan yang dilaksanakan pada ruas jalan tol km 125 Padalarang – Bandung. Kemudian, dilanjutkan dengan uji balok sejajar, uji embarkasi, uji tanggul dan uji insani yang dilaksanakan di PT Pindad (Persero), Bandung.

Salah satu peningkatan pada desain terbaru Medium Tank Harimau adalah desain sudut hidung depan kendaraan dan sudut pandang pengemudi. Desain terbaru pada Medium Tank Harimau menghindarkan benturan antara kanon pada turret dengan bodi pada sudut depresi -10°. Selain itu, desain terbaru memberikan jarak pandang yang lebih luas bagi pengemudi. Cakupan pandangan dari pengemudi sudah memenuhi syarat untuk melakukan manuver dan memberikan visibilitas yang lebih baik.

Factory Acceptance Test pada produk Medium Tank Harimau menjadi momentum penting bagi PT Pindad (Persero) sebagai bukti kapabilitas dalam penguasaan teknologi bidang pertahanan terutama produk kendaraan tempur. Dengan berbagai peningkatan pada desain serta keberhasilan pada uji tembak First Article Medium Tank Harimau, diharapkan PT Pindad (Persero) mampu memajukan dan menguatkan pertahanan nasional.

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER